Conference Nusantara PGRI Kediri University, Seminar Hayati V Tahun 2017

Font Size: 
Penerapan Model Aunthentic Problem Based Learning Terhadap Penguasaan Konsep IPA Siswa Kelas V Pada Materi Rangka Tubuh
L Muh Zulqutbi Azhari, Lia Yuliati, Suharti Suharti

Last modified: 2018-07-30

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuaanpenguasaan konsep IPA siswa antara kelas yang dibelajarkanmenggunakan model Authentic Problem Based Learning (aPBL)dengan kelas yang dibelajarkan menggunakan model Problem BasedLearning (PBL) pada siswa kelas V materi rangka tubuh. Desainpenelitian ini menggunakan jenis kuasi eksperimen dengan teknikPost-Test Only Group Design. Subjek penelitian ini adalah siswakelas V SDN 01 Selong tahun ajaran 2017/2018. Instrumen dalampenelitian ini berupa 10 butir soal tes yang disesuaikan denganindikator penguasaan konsep Bloom yang direvisi oleh Andersondan Krathwol. Data dalam penelitian ini kemudian diujimenggunakan uji Mann-Whitney yang dilanjutkan denganmenggunakan uji Scheffe untuk mengetahui perbedaan kemampuanpenguasaan konsep IPA siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaankemampuan penguasaan konsep IPA siswa kelas aPBL dengan siswakelas PBL. Penelitian ini menunjukan bahwa kemampuanpenguasaan konsep IPA siswa yang dibelajarkan menggunakanmodel Authentic Problem Based Learning tidak terlepas dari adanyalangkah-langkah pada pembelajaran yang membuat siswa lebihmenguasai konsep yang dipelajari diantaranya melalui penyelesaianmasalah yang berkaitan dengan kejadian sehari-hari.

Keywords


Authentic Problem Based Learning, Penguasaan Konsep, Rangka Tubuh, Sekolah Dasar

Full Text: PDF
LPPM Server - Powered by BSI