Conference Nusantara PGRI Kediri University, Seminar Hayati V Tahun 2017

Font Size: 
Analisis Kebutuhan Buku Ajar Taksonomi Tumbuhan Berbasis Pendekatan Konstruktivisme bagi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi IKIP Budi Utomo Malang
Ardian Anjar Pangestuti, Deny Setiawan

Last modified: 2018-07-30

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kebutuhan buku ajartaksonomi tumbuhan berbasis pendekatan konstruktivisme. Analisiskebutuhan yang dilakukan berdasarkan model pengembangan 4Dpada tahap pendefinisian (define). Teknik pengumpulan datadilakukan dengan penyebaran angket. Penelitian ini dilakukan padabulan Oktober 2017 di Program Studi Pendidikan Biologi IKIP BudiUtomo Malang. Partisipan dalam penelitian ini adalah mahasiswaProgram Studi Pendidikan Biologi IKIP Budi Utomo Malang yangtelah menempuh mata kuliah Taksonomi Tumbuhan. JumlahPartisipan sebanyak 37 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkanbahwa sebanyak 91,89% mahasiswa membutuhkan bahan ajarTaksonomi Tumbuhan dengan bahasa yang mudah dipahami sertamampu memberdayakan proses berpikir mahasiswa. Hal ini karenasebanyak 73,3% mahasiswa menyukai kegiatan belajar dengan caramembaca literatur baik berasal dari buku maupun internet. Selamaini proses pembelajaran yang dilakukan di kelas menurut 56,41%mahasiswa adalah dengan kegiatan menyusun makalah danmelakukan persentasi di depan kelas, sedangkan sisanya sebanyak44,59% menyatakan proses pembelajaran yang bervariasi. Kegiatanpembelajaran yang diharapkan oleh mahasiswa adalah melaluikegiatan praktikum, diskusi, serta penerapan model pembelajaran.

Keywords


Analisis Kebutuhan, Buku Ajar, Pendekatan Konstruktivisme

Full Text: PDF
LPPM Server - Powered by BSI