Conference Nusantara PGRI Kediri University, Seminar Hayati V Tahun 2017

Font Size: 
Analisis Kebutuhan Pengembangan Modul Organisasi Kehidupan Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Siswa SMP Kelas VII Semester II di SMP Negeri 2 Papar
Tika Ari Widyastuti, Sulistiono Sulistiono, Poppy Rahmatika Primandiri

Last modified: 2018-07-31

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan bahan ajar pada materi organisasi kehidupan untuk siswa SMP kelas VII semester II di SMP Negeri 2 Papar. Subjek penelitian adalah siswaSMP Negeri 2 Papar pada tahun 2016/2017. Penelitian ini adalah penelitian survei. Teknik pengambilan data menggunakan angket dan pedoman wawancara. Aspek yang diukur dalam penelitian iniadalah respon pembelajaran dan buku ajar dengan responden guru dan siswa. Hasil observasi menunjukkan bahwa materi pada bukuajar sangat singkat, kurang banyak penjelasan dan contoh, dan jumlah buku ajar belum sesuai dengan jumlah peserta didik. Hasilanalisis angket kebutuhan pengembangan bahan ajar menunjukkan bahwa siswa dan guru membutuhkan modul organisasi kehidupan berbasis inkuiri terbimbing. Modul dipilih karena dapat memfasilitasi siswa untuk belajar, baik dengan pendidik maupun secara mandiri.

Keywords


Modul Organisasi Kehidupan, Inkuiri Terbimbing

Full Text: PDF
LPPM Server - Powered by BSI