Font Size:
STUDI FENOMENOLOGI KREATIVITAS BELAJAR PADA ANAK BERBAKAT KELAS X MIPA A DI SMAN 1 KEDIRI
Last modified: 2018-09-03
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas belajar pada anak
berbakat melalui identifikasi ciri-ciri pribadi kreatif belajar pada anak berbakat dan
strategi belajar pada anak berbakat. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X
MIPA A di SMAN 1 Kediri tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Kesimpulan hasil
penelitian ini adalah: (1) Ciri-ciri pribadi kreatif belajar pada anak berbakat terdiri
dari: hasrat keingintahuan yang besar, bersikap terbuka terhadap pengalaman
baru, memiliki kemampuan memberikan alternatif solusi, keinginan untuk
menemukan dan meneliti, cenderung lebih menyukai tugas yang berat dan sulit,
cenderung menyukai jawaban yang luas dan memuaskan, memiliki dedikasi
bergairah dan aktif dalam melaksanakan tugas, berpikir fleksibel, menanggapi
pertanyaan yang diajukan dengan baik, kemampuan membuat analisis dan
sintesis, memiliki semangat bertanya serta meneliti, memiliki daya abstraksi yang
cukup baik, berpikir positif terhadap tugas, dan berorientasi pada pemahaman.
(2) Strategi belajar pada anak berbakat terdiri dari: mengelola keadaan jasmani,
mengelola keadaan emosional dan sosial, mengelola keadaan lingkungan,
memulai proses belajar dengan baik, membagi pekerjaan, melakukan kontrol
belajar, memupuk sikap optimis, mengelola waktu bekerja, menikmati tantangan,
menggunakan waktu secara optimal, integritas dalam belajar, mempelajari buku
dengan baik, dan memahami makna
berbakat melalui identifikasi ciri-ciri pribadi kreatif belajar pada anak berbakat dan
strategi belajar pada anak berbakat. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X
MIPA A di SMAN 1 Kediri tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Kesimpulan hasil
penelitian ini adalah: (1) Ciri-ciri pribadi kreatif belajar pada anak berbakat terdiri
dari: hasrat keingintahuan yang besar, bersikap terbuka terhadap pengalaman
baru, memiliki kemampuan memberikan alternatif solusi, keinginan untuk
menemukan dan meneliti, cenderung lebih menyukai tugas yang berat dan sulit,
cenderung menyukai jawaban yang luas dan memuaskan, memiliki dedikasi
bergairah dan aktif dalam melaksanakan tugas, berpikir fleksibel, menanggapi
pertanyaan yang diajukan dengan baik, kemampuan membuat analisis dan
sintesis, memiliki semangat bertanya serta meneliti, memiliki daya abstraksi yang
cukup baik, berpikir positif terhadap tugas, dan berorientasi pada pemahaman.
(2) Strategi belajar pada anak berbakat terdiri dari: mengelola keadaan jasmani,
mengelola keadaan emosional dan sosial, mengelola keadaan lingkungan,
memulai proses belajar dengan baik, membagi pekerjaan, melakukan kontrol
belajar, memupuk sikap optimis, mengelola waktu bekerja, menikmati tantangan,
menggunakan waktu secara optimal, integritas dalam belajar, mempelajari buku
dengan baik, dan memahami makna
Keywords
Kreativitas Belajar, Anak Berbakat, Keberbakatan
Full Text:
PDF