Conference Nusantara PGRI Kediri University, Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Ke-2

Font Size: 
KEEFEKTIFAN PERMAINAN BILANGAN MENGHITUNG DAUN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 4–5 TAHUN
Dewi Endang Lestari, Widi Wulansari

Last modified: 2018-09-03

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif pada
anak usia 4–5 tahun melalui permainan bilangan menghitung daun. Dasar
permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan kognitif anak
khususnya minat dan motivasi dalam mengenal konsep bilangan yang
disebabkan kurang menariknya permainan dan media yang digunakan. Jenis
penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)dengan model
Kemmis dan Mc Taggart.Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A (usia 4–5
tahun) TK Islam Addahlan. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasidengan
kriteria ketuntasan minimal 75%. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I,
persentase ketuntasanbaru mencapai 33,33% sehingga harus dilanjutkan siklus
II.Persentase ketuntasan pada siklus II masih mencapai 60% sehingga
dilanjutkan siklus III. Hasil pada siklus III mencapai 86,67% sehingga penelitian
dihentikan dikarenakan ketuntasan anak sudah melebihi kriteria minimal. Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa melalui permainan bilangan menghitung daun
dapat meningkatkan kemampuan kognitif dalam hal mengenal konsep bilangan
1–10 pada usia 4–5 tahun di TK Islam Addahlan.

Keywords


kemampuan kognitif, permainan bilangan menghitung daun, anak usia 4–5 tahun

Full Text: PDF
LPPM Server - Powered by BSI