Conference Nusantara PGRI Kediri University, Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Ke-2

Font Size: 
KOMPETENSI LOKUSI DALAM INTERAKSI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA ANAK AUTIS
Endang Sumarti

Last modified: 2018-09-03

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk pilihan kata, frasa, dan
kalimat dalam interaksi pembelajaran Bahasa Indonesia anak autis. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif. Data penelitian ini berupa rekaman dialog yang
menunjukkan kompetensi lokusi dalam interaksi pembelajaran bahasa Indonesia
anak autis. Pengumpulan data menggunakan teknik perekaman dan pengamatan.
Analisis data dilakukan secara interaktif, melalui tahapan (1) pengumpulan data, (2)
reduksi data, (3) penyajian data, dan (4) penyimpulan atau verifikasi temuan hasil
penelitian. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa Pertama bentuk
pilihan kata direpresentasikan anak autis melalui kata yang bermakna penjelasan,
perintah, permintaan, larangan. Kedua bentuk frasa direpresentasikan anak autis
dalam bentuk frasa pernyataan, frasa penegasan, dan frasa penunjukkan. Ketiga
bentuk kalimat direpresentasikan anak autis dalam bentuk kalimat sebagai
pernyataan perasaan senang dan perasaan tidak senang.

Keywords


kompetensi, lokusi, interaksi pembelajaran, anak autis

Full Text: PDF
LPPM Server - Powered by BSI