Conference Nusantara PGRI Kediri University, Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Ke-2

Font Size: 
Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa pada Matakuliah Keanekaragaman Tumbuhan melalui studi eksplorasi dan praktikum
Budhi Utami, Ida Rahmawati

Last modified: 2018-09-03

Abstract


Megabiodiversitas tumbuhan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia merupakan salah
satu modal dasar pembangunan dan kekayaan sumber daya hayati yang perlu dikenal,
dipelajari dan dimanfaatkan oleh rakyat Indonesia, untuk itu pada kurikulum KKNI
dimunculkan matakuliah keanekaragaman tumbuhan yang mempelajari keanekaragaman
tumbuhan Lumut, Paku, Gymnospermae dan Angiospermae. Hasil observasi pada awal
perkuliahan, 70% mahasiswa belum mengetahui nama, ciri dan taksonomi tumbuhan baik
dari divisi Lumut, Paku, Gymnospermae maupun Angiospermae.
Mahasiswa telah menempuh matakuliah morfologi dan anatomi tumbuhan sehingga
pengetahuan tentang habitus, ciri morfologi serta organ tumbuhan sudah dimiliki, untuk itu
dalam perkuliahan Keanekaragaman Tumbuhan ini dikembangkan studi eksplorasi dengan
menggunakan model pembelajaran Think Pair Share. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui bagaimanakah motivasi mahasiswa terhadap keanekaragaman tumbuhan yang
ada di lingkungan mereka dan bagaimanakah hasil belajar mahasiswa melalui penerapan
model TPS.
Sampel penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi Angkatan 2016/2017
sebanyak 12 mahasiswa, penelitian dilaksanakan mulai bulan Maret-Juni 2018, dengan 3
kali ulangan. Motivasi belajar diukur dari kemauan untuk mengeksplorasi spesies tumbuhan
yang tercantum di dalam LKM serta melakukan identifikasi ciri morfologinya, sedang hasil
belajar diukur dari hasil nilai Ujian Akhir Semester Teori dan Praktik yang berupa test
kemampuan mengidentifikasi tumbuhan yang belum pernah dijadikan bahan praktikum.

Dari ketiga kali melaksanakan eksplorasi terlihat adanya kemajuan mahasiswa baik
dalam mengeksplorasi spesimen sebagai bahan praktikum maupun kemampuan
mengidentifikasi, sedang hasil belajar yang berupa kemampuan mengidentifikasi tumbuhan,
kepada mahasiswa diberi bahan yang belum pernah dipraktikumkan sebelumnya diperoleh
hasil 33,3% dengan katagori kurang, 16,7% katagori cukup, 33,3% katagori baik dan 16,7%
katagori baik sekali.
Kemampuan mengidentifikasi tumbuhan memerlukan pelatihan dan rasa
keingintahuan yang tinggi dari mahasiswa, untuk itu dalam pelaksanaan perkuliahan ini,
lebih banyak menuntut mahasiswa untuk melakukan eksplorasi dengan jalan mencari
tumbuhan dari divisi Pterydophyta, dan Spermatophyta yang ada di sekitar kampus UNP.
Lembar Kerja Mahasiswa sebagai perangkat pembelajaran untuk menggali data ciri spesifik
spesies dan taksonomi tumbuhan membantu mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan
pembelajaran.

Pada kegiatan ekspolarasi Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa motivasi belajar
mahasiswa ada pada katagori baik sedang hasil belajar dengan katagori cukup.


Keywords


motivasi dan hasil belajar, studi eksplorasi dan praktikum

Full Text: PDF
LPPM Server - Powered by BSI