Font Size:
Analisis Keterampilan Proses Sains dan Sikap Berkarakter Mahasiswa pada Mata Kuliah Keanekaragaman Hewan dengan model Problem Based Learning Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Nusantara PGRI Kediri
Last modified: 2018-09-03
Abstract
Mata kuliah Keanekaragaman Hewan berisi tentang mengenal ciri-ciri hewan
dari kelas Porifera sampai Mammalia. Untuk menyampaikan materi ini sangat
perlu bantuan media dan model pembelajaran supaya mahasiawa dapat lebih
memahami ciri-ciri hewan dan rasa empati . Selain itu juga diperlukan praktik
di laboratorium. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis keterampilan
proses sains dan sikap berkarakter dalam pembelajaran mata kuliah
Keanekaragaman Hewan dengan Model Problem Based Learning mahasiswa
semester Gasal 2017/2018 Program Studi Pendidikan Biologi.
Metode penelitian menggunakan teknik true eksperimen. Data keterampilan
proses sains menggunakan tes dan data sikap berkarakter menggunakan
angket sikap berkarakter. Pengambilan data dilakukan tiga kali dalam satu
semester. Data penelitian dianalisis dengan Uji rerata, Uji Anava One-Sample
Test , dan Uji Corelation.
Hasil penelitian: hasil rerata keterampilan proses sains tahap I, skor 81,25;
tahap II, skor 84,38; dan tahap III dengan skor 88,54 dilanjutkan dengan Uji
Anava One-Sample Test dengan signifikan 0,00 artinya signifikan. Dilanjutkan
penghitungan skor rerata sikap berkarakter tahap I, skor 83,42; tahap II skor
86,46; dan tahap III dengan skor 88,13. Kemudian dilanjutkan dengan Uji
Anava One-Sample Test dengan signifikan 0,00 artinya signifikan. Uji
Corelation antara keterampilan proses sains dengan sikap berkarakter
menghasilkan signifikan 0,00 artinya signifikan
dari kelas Porifera sampai Mammalia. Untuk menyampaikan materi ini sangat
perlu bantuan media dan model pembelajaran supaya mahasiawa dapat lebih
memahami ciri-ciri hewan dan rasa empati . Selain itu juga diperlukan praktik
di laboratorium. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis keterampilan
proses sains dan sikap berkarakter dalam pembelajaran mata kuliah
Keanekaragaman Hewan dengan Model Problem Based Learning mahasiswa
semester Gasal 2017/2018 Program Studi Pendidikan Biologi.
Metode penelitian menggunakan teknik true eksperimen. Data keterampilan
proses sains menggunakan tes dan data sikap berkarakter menggunakan
angket sikap berkarakter. Pengambilan data dilakukan tiga kali dalam satu
semester. Data penelitian dianalisis dengan Uji rerata, Uji Anava One-Sample
Test , dan Uji Corelation.
Hasil penelitian: hasil rerata keterampilan proses sains tahap I, skor 81,25;
tahap II, skor 84,38; dan tahap III dengan skor 88,54 dilanjutkan dengan Uji
Anava One-Sample Test dengan signifikan 0,00 artinya signifikan. Dilanjutkan
penghitungan skor rerata sikap berkarakter tahap I, skor 83,42; tahap II skor
86,46; dan tahap III dengan skor 88,13. Kemudian dilanjutkan dengan Uji
Anava One-Sample Test dengan signifikan 0,00 artinya signifikan. Uji
Corelation antara keterampilan proses sains dengan sikap berkarakter
menghasilkan signifikan 0,00 artinya signifikan
Keywords
Problem Based Learning, Sikap Berkarakter, Ketrampilan Proses Sains, Keanekaragaman Hewan
Full Text:
PDF