Conference Nusantara PGRI Kediri University, Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Ke-2

Font Size: 
JINEMAM: Pengaruhnya terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa IKIP Budi Utomo Malang
Dwi Candra Setiawan, Deny Setiawan

Last modified: 2018-09-11

Abstract


Kreativitas pendidik merupakan suatu keharusan dalam
melaksanakan pembelajaran, tidak terkecuali Dosen. Dosen
haruslah kreatif dan inovativ dalam kelas. Hal ini diperlukan untuk
mampu memberdayakan kemampuan mahasiswa,salah satunya
berpikir kritis. Kreativitas tersebut salah satunya adalah
mengembangkan suatu model pembelajaran. Model pembelajaran
yang dikembangkan untuk memberdayakan berpikir kritis adalah
model JINEMAM. Tujuan pada penelitian ini adalah mengetahui
sejauh mana pengaruh Model JINEMAM terhadap Kemampuan
Berpikir Kritis mahasiswa.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis
penelitian adalah penelitian quase eksperimen. Sampel Penelitian
adalah mahasiswa Pendidikan Biologi angkatan 2016, dimana kelas
A sebagai kelas eksperiment dan kelas B sebagai kontrol. Data
diperoleh dengan instrument soal Pretest dan Postest dengan
menggunakan rubrik penilaian berpikir kritis. Data yang diperoleh
dianalisis dengan Anakova dengan menggunakan sofware SPSS
22.
Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh model
pembelajaran JINEMAM terhadap berpikir kritis mahasiswa.
Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat
pengaruh model pembelajaran JINEMAM terhadap kemampuan
berpikir kritis mahasiswa program studi pendidikan Biologi IKIP Budi
Utomo Malang.

Keywords


JINEMAN, Critical Thinking, Creative, Innovative

Full Text: PDF
LPPM Server - Powered by BSI