Conference Nusantara PGRI Kediri University, Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Ke-2

Font Size: 
PENERAPAN MODEL CRH DIDUKUNG MEDIA AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS III SD
Emilda Puri Anugrahini, Yatmin Yatmin, Abdul Aziz Hunaifi

Last modified: 2018-09-03

Abstract


Latarbelakang penelitian ini adalah ditemukannya beberapa faktor penyebab
rendahnya kemampuan siswa kelas III dalam pembelajaran IPA di Sekolah
Dasar. Pada materi yang disampaikan yaitu mengidentifikasi sumber energi dan
kegunaannya hasil belajar siswa menunjukkan nilai di bawah KKM < 75. Hal ini
disebabkan karena pembelajaran yang diciptakan guru terasa membosankan,
yaitu cenderung menggunakan model pembelajaran langsung atau cenderung
dengan metode ceramah. Dari permasalahan tersebut dapat diketahui bahwa
dalam suatu pembelajaran diperlukan sebuah strategi yang tepat, seperti
menentukan model pembelajaran. Model yang dianggap tepat untuk dijadikan
penelitian adalah model CRH (Course Review Horay). Penggunaan model ini
nantinya akan didukung dengan media Audio Visual.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1). Mengetahui kemampuan mengidentifikasi
sumber energi dan kegunaannya menggunakan model course review horay
didukung media video pada kelas III SDN Karangtalun 1; (2). Mengetahui
kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya menggunakan
model pembelajaran langsung pada kelas III SDN Karangtalun 1; (3). Mengetahui
perbedaan pengaruh course review horay didukung media video dibanding
model pembelajaran langsung pada kelas III SDN Karangtalun 1.
Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik
penelitian eksperimen, sedangkan desain yang digunakan adalah Nonequivalent
Control Group Design. Subjek penelitian berjumlah 50 siswa kelas III SDN
Karangtalun 1 Kab. Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa: (1) Ada
pengaruh penggunaan model pembelajaran course review horay didukung media
audio visual terhadap kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan
kegunaannya terbukti dengan nilai rerata KKM 75 yaitu 84,40 ; (2) Ada
pengaruh penggunaan model pembelajaran langsung terhadap kemampuan
mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya terbukti dengan nilai rerata <
KKM 75 yaitu 74, 20 ; (3) Ada perbedaan pengaruh penggunaan model course
review horay didukung media video dibanding penggunaan model pembelajaran
langsung dengan perbandingan rerata 84,40 > 74,20.

Keywords


model course review horay, media audio visual, mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya

Full Text: PDF
LPPM Server - Powered by BSI