Font Size:
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN EVOLUSI BERBASIS MOLEKULER MAHASISWA BIOLOGI IKIP BUDI UTOMO MALANG IBU
Last modified: 2018-09-03
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Perangkat
Pembelajaran Teori Evolusi Berbasis Molekuler pada matakuliah evolusi
mahasiswa Pendidikan Biologi IKIP Budi Utomo Malang.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan
(Research and Development/R&D). Model pengembangan yang
digunakan adalah model pengembangan Bord & Gall yang terdiri dari
sepuluh langkah, akan tetapi dalam penelitian ini hanya terdiri delapan
langkah,yaitu: potensi dan masalah, pengumpulan informasi, desain
produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk,
produk akhir.
Perangkat Pembelajaran Teori Evolusi Berbasis Molekuler yang
dikembangkan melalui sebuah tahapan validasi desain, revisi desain, uji
coba kelompok kecil, revisi produk dan produk akhir. Berdasarkan
persentase ke validan yang diperoleh dari validator ahli media, validator
ahli materi, dan uji coba kelompok kecil, Perangkat Pembelajaran Teori
Evolusi Berbasis Molekuler yang dikembangkan telah memenuhi kriteria
valid dan dapat digunakan dengan perolehan validator ahli media 90,10%,
ahli materi 92,16%, dan ujicoba kelompok kecil 88,20%. Secara
keseluruhan pengembangkan Perangkat Pembelajaran Teori Evolusi
Berbasis Molekuler layak digunakan sebagai bahan ajar dengan nilai rata-
rata kelayakan adalah 90,12% dan masuk dalam kriteria “Sangat Valid”.
Pembelajaran Teori Evolusi Berbasis Molekuler pada matakuliah evolusi
mahasiswa Pendidikan Biologi IKIP Budi Utomo Malang.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan
(Research and Development/R&D). Model pengembangan yang
digunakan adalah model pengembangan Bord & Gall yang terdiri dari
sepuluh langkah, akan tetapi dalam penelitian ini hanya terdiri delapan
langkah,yaitu: potensi dan masalah, pengumpulan informasi, desain
produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk,
produk akhir.
Perangkat Pembelajaran Teori Evolusi Berbasis Molekuler yang
dikembangkan melalui sebuah tahapan validasi desain, revisi desain, uji
coba kelompok kecil, revisi produk dan produk akhir. Berdasarkan
persentase ke validan yang diperoleh dari validator ahli media, validator
ahli materi, dan uji coba kelompok kecil, Perangkat Pembelajaran Teori
Evolusi Berbasis Molekuler yang dikembangkan telah memenuhi kriteria
valid dan dapat digunakan dengan perolehan validator ahli media 90,10%,
ahli materi 92,16%, dan ujicoba kelompok kecil 88,20%. Secara
keseluruhan pengembangkan Perangkat Pembelajaran Teori Evolusi
Berbasis Molekuler layak digunakan sebagai bahan ajar dengan nilai rata-
rata kelayakan adalah 90,12% dan masuk dalam kriteria “Sangat Valid”.
Keywords
Pengembangan Bahan Ajar, Evolusi, Molekuler dan Pendidikan Biologi
Full Text:
PDF