Conference Nusantara PGRI Kediri University, Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Ke-2

Font Size: 
PENGGUNAAN MEDIA FFP (FRUITS FRUCTION PUZZLE) SEBAGAI MEDIA BERBASIS VISUAL DALAM MATERI MENGENAL PECAHAN SEDERHANA PADA SISWA KELAS III SDN PLOSOKIDUL TAHUN AJARAN 2017/2018
Endang Vira Arifianawati, Endang Sri Mujiwati

Last modified: 2018-09-03

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai rata-rata siswa kelas III
SDN Plosokidul pada materi mengenal pecahan sederhana. Hal ini disebabkan
oleh media yang digunakan guru. Media yang digunakan yaitu sampul mika.
Media tersebut kurang menarik bagi siswa sehingga pemahaman siswa terhadap
materi mengenal pecahan sederhana kurang. Akibatnya nilai rata-rata siswa
rendah. Berdasarkan hal tersebut dalam penelitian ini menggunakan media FFP
(Fruits Fruction Puzzle) sebagai media berbasis visual dalam materi mengenal
pecahan sederhana pada siswa kelas III SDN Plosokidul tahun ajaran
2017/2018.
Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah sebagai berikut. (1)
Bagaimana kevalidan media FFP (Fruits Fruction Puzzle) sebagai media
berbasis visual dalam materi mengenal pecahan sederhana pada siswa kelas III
SDN Plosokidul tahun ajaran 2017/2018?; (2) Bagaimana keefektifan media FFP
(Fruits Fruction Puzzle) sebagai media berbasis visual dalam materi mengenal
pecahan sederhana pada siswa kelas III SDN Plosokidul tahun ajaran
2017/2018?; (3) Bagaimana respon siswa terhadap media FFP (Fruits Fruction
Puzzle) sebagai media berbasis visual dalam materi mengenal pecahan
sederhana pada siswa kelas III SDN Plosokidul tahun ajaran 2017/2018?
Subjek penelitian ini adalah 30 siswa kelas III SDN Plosokidul tahun
ajaran 2017/2018. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah
pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian menggunakan One Group
Pretest Posttes Design. Instrumen penelitian ini berupa angket dengan bentuk
instrumen lembar validasi ahli, tes dengan bentuk instrument soal subjektif, dan
angket respon siswa. Teknik analisis data menggunakan rumus Va (Validitas
ahli), KBK (Ketuntasan Belajar Klasikal), dan P (Persentase penilaian respon
siswa).
Hasil penelitian ini adalah (1) media FFP (Fruits Fruction Puzzle)
dinyatakan sangat valid dan dapat digunakan karena memperoleh hasil
kevalidan 87,5%; (2) media FFP (Fruits Fruction Puzzle) dinyatakan efektif
setelah dilakukan eksperimen dengan hasil 77,78%; dan (3) media FFP (Fruits
Fruction Puzzle) memperoleh respon sangat baik dengan hasil 95,37% setelah
dilakukan eksperimen.

Keywords


Media FFP (Fruits Fruction Puzzle), Mengenal Pecahan Sederhana

Full Text: PDF
LPPM Server - Powered by BSI