Font Size:
ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN DIGITAL DAILY ASESSMENT UNTUK MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI IKIP BUDI UTOMO MALANG
Last modified: 2018-09-03
Abstract
Kegiatan ini dilakukan bertujuan untuk melihat pentingnya dalam
pengembangan Digital Daily Assesment. Digital Daily Assesment
merupakan salah satu media yang digunakan sebagai alat evaluasi yang
mampu memberdayakan keterampilan metakognitif mahasiswa.
Berdasarkan hasil observasi pada pembelajaran morfologi tumbuhan pada
tahun sebelumnya dilakukan dengan menggunakan metode ceramah,
praktikum, dan diskusi sederhana. model pembelajaran ang dipakai juga
beum mampu memberdayakan keterampilan metakognisi mahasiswa, hal
ini dilihat dari mahasiswa sering terlambat dalam pengumpulan tugas,
kurang mampu melakukan perencanaan dan pengamatan secara mandiri
daam kegiatan praktikum. Berdasarkan hasil tes untuk menguji
keterampilan metakognisi, 73,07% mahasiswa hanya masuk pada
tingkatan kriteria 2. Sebagian besar mahasiswa menjawab soal tes dengan
jawaban yang tidak menggunakan kalimat sendiri, pemaparan jawaban
kurang runtut dan sistematis, dan kurang dilengkapi dengan alasan yang
tepat, serta jawaban yang kurang benar. Berdasarkan hasil analisis hasil
observasi dan nilai tes keterampilan metakognisi pada pembelajaran
morfologi tumbuhan, maka perlu dilakukan pengembangan media
pembelajaran Digital Daily Assesment untuk mengatasi permasalahan yang
ditemukan pada matakuliah Morfologi Tumbuhan.
pengembangan Digital Daily Assesment. Digital Daily Assesment
merupakan salah satu media yang digunakan sebagai alat evaluasi yang
mampu memberdayakan keterampilan metakognitif mahasiswa.
Berdasarkan hasil observasi pada pembelajaran morfologi tumbuhan pada
tahun sebelumnya dilakukan dengan menggunakan metode ceramah,
praktikum, dan diskusi sederhana. model pembelajaran ang dipakai juga
beum mampu memberdayakan keterampilan metakognisi mahasiswa, hal
ini dilihat dari mahasiswa sering terlambat dalam pengumpulan tugas,
kurang mampu melakukan perencanaan dan pengamatan secara mandiri
daam kegiatan praktikum. Berdasarkan hasil tes untuk menguji
keterampilan metakognisi, 73,07% mahasiswa hanya masuk pada
tingkatan kriteria 2. Sebagian besar mahasiswa menjawab soal tes dengan
jawaban yang tidak menggunakan kalimat sendiri, pemaparan jawaban
kurang runtut dan sistematis, dan kurang dilengkapi dengan alasan yang
tepat, serta jawaban yang kurang benar. Berdasarkan hasil analisis hasil
observasi dan nilai tes keterampilan metakognisi pada pembelajaran
morfologi tumbuhan, maka perlu dilakukan pengembangan media
pembelajaran Digital Daily Assesment untuk mengatasi permasalahan yang
ditemukan pada matakuliah Morfologi Tumbuhan.
Keywords
Digital Daily Asessment, Asessment, Metakognisi
Full Text:
PDF