Font Size:
PROFIL PENDIDIKAN KARAKTER SD KREATIF KECAMATAN KARANGAN KABUPATEN TRENGGALEK
Last modified: 2018-09-03
Abstract
Pendidikan karakter dilaksanakan pula di SD Kreatif sejak lama,
bahkan SD Kreatif menjadi sekolah favorit di Kecamatan
Karangan yang melaksanakan pendidikan karakter. Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) persiapan pelaksanaan
pendidikan karakter di SD Kreatif (2) pelaksanaan pendidikan
karakter di SD Kreatif (3) evaluasi pendidikan karakter di SD
Kreatif (4) hambatan yang dialami SD Kreatif dalam
mengembangkan karakter siswa. Penelitian ini menggunakan
penelitian kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Sumber data,
dipilih guru kelas II dan IV, pembina ekstrakurikuler, kepala
sekolah, siswa kelas II dan IV. Penelitian dilaksanakan pada
tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data menggunakan
teknik wawancara mendalam, observasi, analisis dokumen.
Intrumen penelitian yang digunakan yaitu panduan dokumentasi,
panduan observasi, dan lembar wawancara. Pengecekan
keabsahan data menggunakan perpanjangan kehadiran peneliti,
ketekunan pengamatan, melakukan triangulasi. Hasil penelitian
menunjukkan (1) perencanaan pelaksanaan pendidikan karakter
dirancang melalui RPP dan program kegiatan sekolah (2)
kegiatan di SD Kreatif sudah mencerminkan nilai-nilai karakter,
namun 18 nilai pendidikan karakter belum tentu ada pada setiap
kegiatan. Pelaksanaan pendidikan karakter dilaksanakan melalui
pelaksanaan pembelajaran, kegiatan rutin, kegiatan spontan,
ekstrakurikuler (3) evaluasi pendidikan karakter melalui
pertemuan beberapa pihak yang bersangkutan yang dilakukan
satu bulan sekali (4) ada beberapa hambatan yang dialami pada
pelaksanaan kegiatan pendidikan karakter di dalam maupun di
luar kelas.
bahkan SD Kreatif menjadi sekolah favorit di Kecamatan
Karangan yang melaksanakan pendidikan karakter. Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) persiapan pelaksanaan
pendidikan karakter di SD Kreatif (2) pelaksanaan pendidikan
karakter di SD Kreatif (3) evaluasi pendidikan karakter di SD
Kreatif (4) hambatan yang dialami SD Kreatif dalam
mengembangkan karakter siswa. Penelitian ini menggunakan
penelitian kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Sumber data,
dipilih guru kelas II dan IV, pembina ekstrakurikuler, kepala
sekolah, siswa kelas II dan IV. Penelitian dilaksanakan pada
tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data menggunakan
teknik wawancara mendalam, observasi, analisis dokumen.
Intrumen penelitian yang digunakan yaitu panduan dokumentasi,
panduan observasi, dan lembar wawancara. Pengecekan
keabsahan data menggunakan perpanjangan kehadiran peneliti,
ketekunan pengamatan, melakukan triangulasi. Hasil penelitian
menunjukkan (1) perencanaan pelaksanaan pendidikan karakter
dirancang melalui RPP dan program kegiatan sekolah (2)
kegiatan di SD Kreatif sudah mencerminkan nilai-nilai karakter,
namun 18 nilai pendidikan karakter belum tentu ada pada setiap
kegiatan. Pelaksanaan pendidikan karakter dilaksanakan melalui
pelaksanaan pembelajaran, kegiatan rutin, kegiatan spontan,
ekstrakurikuler (3) evaluasi pendidikan karakter melalui
pertemuan beberapa pihak yang bersangkutan yang dilakukan
satu bulan sekali (4) ada beberapa hambatan yang dialami pada
pelaksanaan kegiatan pendidikan karakter di dalam maupun di
luar kelas.
Keywords
profil, pendidikan, karakter, sekolah dasar
Full Text:
PDF