Conference Nusantara PGRI Kediri University, Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Ke-2

Font Size: 
LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR SEBAGAI SALAH SATU UPAYA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA
Fidi Aprilia Maratu Masruroh, Ikke Yuliani Dhian Puspitarini

Last modified: 2018-09-03

Abstract


Perkembangan pendidikan yang pesat saat ini menuntut siswa untuk aktif belajar mandiri,
guna mengoptimalkan potensi yang dimiliki baik dalam bidang akademik maupun non
akademik. Siswa diharapkan mempunyai motivasi belajar yang tinggi untuk mencapai cita –
cita dan prestasi yang diinginkan. Namun pada kenyataanya masih banyak siswa yang
memiliki motivasi belajar rendah. Hal tersebut nampak dari cara belajarnya yang kurang
konsisten, mengerjakan tugas dengan mencontek, kurang percaya diri ketika mengerjakan
tugas di dapan kelas dan kurang konsentrasi ketika proses belajar. Motivasi belajar adalah
suatu dorongan, keinginan/ kebutuhan dalam diri seseorang untuk mencapai kegiatan
belajar dengan hasil yang optimal. Siswa yang motivasi belajarnya rendah dapat
mengakibatkan prestasi akademiknya rendah dan mungkin akan kehilangan cita - citanya.
Oleh karena itu, perlu adanya solusi untuk membantu meningkatkan motivasi belajar siswa.
Salah satu upaya yang ditawarkan adalah melalui layanan bimbingan belajar dalam
Bimbingan dan Konseling (BK). Layanan bimbingan belajar adalah bimbingan yang
diarahkan untuk membantu para individu dalam menghadapi dan memecahkan masalah
akademik dengan cara mengembangkan suasana belajar mengajar yang kondusif agar
terhindar dari kesulitan belajar. Dengan layanan bimbingan belajar diharapkan mampu
membantu siswa dalam mencapai keberhasilan belajar secara optimal dan mempersiapkan
diri untuk menyonsong generasi emas. Namun dalam penulisan artikel ini terbatas pada
rasionalisasi menggenai layanan bimbingan belajar sebagai salah satu upaya untuk
meningkatkan motivasi belajar siswa.

Keywords


layanan bimbingan belajar, motivasi belajar

Full Text: PDF
LPPM Server - Powered by BSI