Conference Nusantara PGRI Kediri University, Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Ke-2

Font Size: 
PENERAPAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT DIDUKUNG GAMBAR TERHADAP PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS III
Fiqi Dwi Amalliyah, Abdul Aziz Hunaifi, Karimatus Saidah

Last modified: 2018-09-03

Abstract


Penerapan Model Cooperative Script Didukung Gambar
Terhadap Pembelajaran IPA Siswa Kelas III
Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan di kelas III pada
pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kurang efektif dan mengakibatkan
kemampuan belajar siswa menjadi rendah. Hal ini disebabkan karena
penyampaian pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Masih menggunakan
metode konvesional tanpa menggunakan media pembelajaran, sehingga siswa
kurang tertarik mengikuti pembelajran IPA dan siswa kurang aktif dalam proses
pembelajaran berlangsung. Salah satu cara untuk mengatasi permasalaahan
tersebut dengan menggunakan model Cooperative Script didukung media
gambar.
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui penerapan model
Cooperative Script didukung media gambar berpengaruh terhadap pembelajaran
IPA siswa Kelas III. (2) Untuk mengetahui penerapan Model Direct Instruction
didukung media gambar berpengaruh terhadap pembelajara IPA siswa kelas III.
(3) untuk mengetahui ada perbedaan penerapan model Cooperative Script
didukung media gambar dibandingkan model Direct Instruction didukung media
gambar terhadap pembelajaran IPA siswa kelas III.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik penelitian
eksperimen tipe quasi eksperimental design dengan jenis nonequivalent control
group design. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas III.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa :
(1) ada pengaruh penerapan model Cooperative Script didukung media gambar
terhadap kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya terbukti
dengan uji t didapat thitung (7,481)> ttabel 5% (2,085 (2) Ada pengaruh penerapan
model Direct Instruction didukung media gambar terhadap kemampuan
mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya terbukti dengan uji t didapat
thitung (5,433 )> ttabel 5% (2,085 (3) Ada perbedaan pengaruh penerapan model
Cooperative Script didukung media gambar dibandingkan model Direct
Intruction didukung media visual terhadap kemampuan mengidentifikasi sumber
energi dan kegunaannya dengan uji t didapat thitung (5,597)> ttabel 5% (2,020 ).

Keywords


Model Cooperative Script, media Gambar, Pembelajaran IPA

Full Text: PDF
LPPM Server - Powered by BSI