Conference Nusantara PGRI Kediri University, Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Ke-2

Font Size: 
MENGGUNAKAN ADVENTURE BASED COUNSELING (ABC) DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI SISWA MENUJU GENERASI EMAS INDONESIA
Guruh Sukma Haggara, Risaniatin Ningsih

Last modified: 2018-09-04

Abstract


Konseling haruslah dilakukan dalam kondisi belajar yang sadar dan menyenangkan,
sehingga siswa/ konseli dapat mengembangkan pengalamannya dengan penuh makna.
Pengalaman yang dimaksud adalah pengalaman dalam memecahkan masalah,
pengalaman dalam mengembangkan dan memberdayakan potensinya serta bagaimana
pengalaman konseling tersebut diaplikasikan dalam kehidupan nyata. Adanya trend para
remaja/ siswa yang menyukai petualangan di alam terbuka dan kecenderungan untuk
bersosialisasi serta adanya trend pendidikan sekolah yang menanamkan kepedulian pada
alam hijau, potensi lokal, pengembangan berbagai softskill dan nilai-nilai kehidupan
lainya, haruslah dapat direspon dan dikemas sebaik mungkin oleh konselor sekolah untuk
mengawal siswa memiliki pribadi dan potensi yang matang. Pendekaatan dan layanan
yang diharapakan mapu mengakomodir trend serta kebutuhan siswa diatas adalah
dengan Adventure Based Counseling (ABC). ABC merupakan salah satu bentuk
konseling yang dikembangkan secara eklektik dari konseling kelompok, belajar
eksperiensial, dan pendidikan outdoor. Komponen pembangun dari ABC merupakan
konsep yang secara kolaboratif dan komprehensif dapat diberdayakan secara aplikatif
dalam membantu siswa mengembagkan potensinya secara matang. Dengan matangnya
potensi tersebut tentunya akan lebih siap menjadi generasi emas Indonesia yang
membanggakan.

Keywords


Adventure Based Counseling, Potensi Siswa

Full Text: PDF
LPPM Server - Powered by BSI