Conference Nusantara PGRI Kediri University, Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Ke-2

Font Size: 
Penerapan Cinema Therapy untuk Meningkatkan Efikasi Diri Siswa di SMK PGRI 2 Kota Kediri
Hana' Bernike Amanaty Haenida, Santy Andrianie

Last modified: 2018-09-04

Abstract


Pendidikan merupakan investasi masa depan karena pendidikan
akan meningkatkan kemampuan seseorang yang berdampak pada
meningkatnya wawasan, pola pikir dan perilaku dalam mengatur
dan menentukan pola hidupnya. Efikasi diri adalah suatu keyakinan
dalam diri seseorang guna memotivasi diri sendiri dalam
mengerjakan suatu pekerjaan meski mempunyai beberapa
kekurangan yang terdapat pada diri individu tersebut dan mendapat
hasil yang maksimal. Fenomena rendahnya efikasi diri ditemukan di
SMK PGRI 2 Kota Kediri seperti sering membuat contekan,
mengeluh saat diberi tugas, dan tidak memperhatikan penjelasan
guru, menjadi sebuah keprihatinan yang harus segera ditemukan
penyelesaian sehingga dapat mewujudkan individu yang mandiri.
Cinema therapy merupakan salah satu cara yang dapat
menyelesaikan masalah efikasi diri yang rendah pada siswa.
Melalui cinema therapy, siswa diajak untuk memahami, menghayati,
dan menerapkan nilai-nilai yang terkandung di dalam film sehingga
dapat menambah wawasan dan memperbaiki pola pikir agar dapat
membentuk perilaku baru yang mendukung perkembangannya.
Rencana penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan
metode true experimental design. Sedangkan tujuan dari penelitian
ini adalah untuk mengetahui efektifitas cinema therapy untuk
meningkatkan efikasi diri pada siswa kelas XI Administrasi
Perkantoran di SMK PGRI 2 Kota Kediri. Metode pengumpulan data
dalam penelitian ini adalah kuisioner efikasi diri. Penelitian ini
menggunakan independent sample t-test untuk mengetahui
keefektifan cinema therapy untuk meningkatkan efikasi diri siswa.

Keywords


cinema therapy, efikasi diri, siswa SMK

Full Text: PDF
LPPM Server - Powered by BSI