Font Size:
PENGEMBANGAN BUKU MATEMATIKA SMP BERDASARKAN ML+3Cs (MATHEMATICS LITERACY, CONTENT, CONTEXT AND COMPETENCIES)
Last modified: 2018-09-04
Abstract
Rendahnya prestasi siswa Indonesia dalam PISA dan TIMSS
kontradiktif dengan motivasi belajar siswa Indonesia yang berada di
atas Singapura dan Malaysia. Hal ini dikarenakan adanya
perbedaan materi dan kompetensi yang diajarkan selama ini di
Indonesia dengan standar penilaian Internasional. Untuk itu,
penelitian ini bertujuan mengembangkan suatu bahan ajar berupa
buku pembelajaran matematika untuk siswa SMP dengan
mengutamakan ML+3Cs (Mathematics Literacy, Content, Context
and Competencies). Penelitian ini merupakan jenis penelitian
pengembangan yang mengacu pada modifikasi model 4-D
Thiagarajan yaitu 3D (Define, Design, dan Develop). Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket
respon siswa dan tes tulis literasi matematika. Data yang diperoleh
adalah data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan
buku siswa yang dikembangkan termasuk dalam kriteria sangat
layak, ditinjau dari kelayakan isi sebesar 81%, kelayakan bahasa
sebesar 79%, kelayakan penyajian sebesar 81%, dan hasil uji coba
terbatas pada 58 siswa dari 2 sekolah mendapat respon baik
sebesar 53,45% dan respon sangat baik sebesar 15,52%.
Kemampuan literasi matematika 21% subjek dalam kategori tinggi,
60% subjek dalam kategori sedang dan 19% subjek dalam kategori
rendah. Berdasarkan hasil validasi, respon serta tes literasi
matematika diatas maka buku yang dikembangkan dinyatakan layak
digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran literasi
matematika.
kontradiktif dengan motivasi belajar siswa Indonesia yang berada di
atas Singapura dan Malaysia. Hal ini dikarenakan adanya
perbedaan materi dan kompetensi yang diajarkan selama ini di
Indonesia dengan standar penilaian Internasional. Untuk itu,
penelitian ini bertujuan mengembangkan suatu bahan ajar berupa
buku pembelajaran matematika untuk siswa SMP dengan
mengutamakan ML+3Cs (Mathematics Literacy, Content, Context
and Competencies). Penelitian ini merupakan jenis penelitian
pengembangan yang mengacu pada modifikasi model 4-D
Thiagarajan yaitu 3D (Define, Design, dan Develop). Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket
respon siswa dan tes tulis literasi matematika. Data yang diperoleh
adalah data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan
buku siswa yang dikembangkan termasuk dalam kriteria sangat
layak, ditinjau dari kelayakan isi sebesar 81%, kelayakan bahasa
sebesar 79%, kelayakan penyajian sebesar 81%, dan hasil uji coba
terbatas pada 58 siswa dari 2 sekolah mendapat respon baik
sebesar 53,45% dan respon sangat baik sebesar 15,52%.
Kemampuan literasi matematika 21% subjek dalam kategori tinggi,
60% subjek dalam kategori sedang dan 19% subjek dalam kategori
rendah. Berdasarkan hasil validasi, respon serta tes literasi
matematika diatas maka buku yang dikembangkan dinyatakan layak
digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran literasi
matematika.
Keywords
Buku Matematika, Siswa SMP, ML+3Cs
Full Text:
PDF