Font Size:
THE EFFECT OF SQ3R METHOD IN TEACHING READING TO THE SECOND GRADE STUDENTS OF SMA PAWYATAN DAHA KEDIRI IN ACADEMIC YEAR 2017/2018
Last modified: 2018-09-07
Abstract
Masalah umum yang dihadapi oleh siswa Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing dalam belajar
membaca adalah kesulitan dalam memahami teks. Menyadari fakta-fakta tersebut, guru Bahasa
Inggris sebagai Bahasa Asing seharusnya menyediakan kegiatan-kegiatan yang membuat
siswa-siswa dapat mempraktekkan keahlian dalam membaca. Salah satu cara untuk
menyelesaikan masalah menggunakan metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, and
Review). Metode SQ3R merupakan metode yang membuktikkan dalam mengasah kemampuan
membaca teks buku dan membuat membaca lebih bermanfaat. Tujuan penulisan penelitian ini
untuk mengetahui apakah ada pengaruh signifikan dalam penggunaan metode SQ3R dalam
mengajar pemahaman membaca pada siswa kelas 2 SMA Pawyatan Daha Kediri tahun ajaran
2017/2018. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dan pendekatan kuantitatif
dengan one group pretest and post-test. Subyek penelitiannya yaitu siswa kelas 2, dengan
populasi berjumlah 90 siswa dan sampelnya pada kelas XI IPS 1 dengan jumlah 28 siswa di
SMA Pawyatan Daha Kediri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh signifikan
dalam penggunaan metode SQ3R yang dibuktikkan dengan t-test lebih tinggi daripada t-table.
membaca adalah kesulitan dalam memahami teks. Menyadari fakta-fakta tersebut, guru Bahasa
Inggris sebagai Bahasa Asing seharusnya menyediakan kegiatan-kegiatan yang membuat
siswa-siswa dapat mempraktekkan keahlian dalam membaca. Salah satu cara untuk
menyelesaikan masalah menggunakan metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, and
Review). Metode SQ3R merupakan metode yang membuktikkan dalam mengasah kemampuan
membaca teks buku dan membuat membaca lebih bermanfaat. Tujuan penulisan penelitian ini
untuk mengetahui apakah ada pengaruh signifikan dalam penggunaan metode SQ3R dalam
mengajar pemahaman membaca pada siswa kelas 2 SMA Pawyatan Daha Kediri tahun ajaran
2017/2018. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dan pendekatan kuantitatif
dengan one group pretest and post-test. Subyek penelitiannya yaitu siswa kelas 2, dengan
populasi berjumlah 90 siswa dan sampelnya pada kelas XI IPS 1 dengan jumlah 28 siswa di
SMA Pawyatan Daha Kediri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh signifikan
dalam penggunaan metode SQ3R yang dibuktikkan dengan t-test lebih tinggi daripada t-table.
Keywords
Teaching Reading, Reading Comprehension, SQ3R Method
Full Text:
PDF