Conference Nusantara PGRI Kediri University, Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Ke-2

Font Size: 
IMPLEMENTASI MODEL SSCS (SEARCH, SOLVE, CREATE, SHARE) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI PYTHAGORAS
Nurul Sholikah, Aan Nurfahrudianto

Last modified: 2018-09-28

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswadengan menerapkan model pembelajaran SSCS. Model pembelajaran SSCS(Search, Solve, Create, and Share) adalah model yang menggunakanpendekatan pemecahan masalah dan dirancang untuk mengembangkan danmenerapkan konsep-konsep ilmu pengetahuan dan keterampilan berpikir kritis.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-Eksperimental dan desain penelitian penelitian One Group Pretest Posttest
Design. Penelitian ini bertempat di SMPN 3 Kediri dengan mengambil subyekkelas VIII-B. Data penelitian diambil melalui tes. Analisis data menggunakanbantuan SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skorpretes siswa adalah 55,94. Rata-rata skor posttes adalah 74,31. Berdasarkanperhitungan paired sampel t-test dengan bantuan SPSS dengan taraf signifikan5% diperoleh sig (2-tailed) taraf signifikan 5% yaitu 0,000 0,005. SehinggaH0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini berarti terdapat peningkatakan kemampuanberpikir kritis siswa melalui model pembelajaran SSCS pada siswa kelas VIII-BSMPN 3 Kediri.

Keywords


Model SSCS, Kemampuan Berpikir Kritis

Full Text: PDF
LPPM Server - Powered by BSI