Conference Nusantara PGRI Kediri University, Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Ke-2

Font Size: 
KARAKTERISTIK GURU DALAM APERSEPSI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
Purbarani Jatining Panglipur, Eka Listiyaningsih

Last modified: 2018-09-28

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penelitian tentangkarakteristik guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakanrancangan penelitian deskriptif kualitatif dengan penelitian lapangan. Berdasarkan hasilpenelitian menunjukkan bahwa karakteristik guru dalam apersepsi pembelajaran bahasaIndonesia dapat digolongkan menjadi tiga hal, yaitu sikap bahasa, interaksi gurudengan siswa, dan kompetensi guru. Sikap bahasa, meliputi: pengajaran untukpenggunaan bahasa yang baik dan benar, penggunaan bahasa guru yang runtut, baik,dan benar, pengajaran untuk menghargai lawan bicara dan mencintai bahasa Indonesia,pengajaran untuk penulisan sesuai EYD dan pelafalan yang benar, dan pengajaranuntuk bersikap baik dalam berbicara. Terkait interaksi guru dengan siswa, meliputi:memotivasi siswa dan pemberian penguatan.Terkait kompetensi guru, meliputi:penguasaan materi bidang studi, pengaitan materi dengan hal lain, pemilihan materisesuai dengan perkembangan anak, dan pemanfaatan sumber baru. Saat apersepsi guruselalu menunjukkan jati diri sebagai pengajar bahasa Indonesia

Keywords


apersepsi, pembelajaran bahasa Indonesia, karakteristik guru

Full Text: PDF
LPPM Server - Powered by BSI