Conference Nusantara PGRI Kediri University, Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Ke-2

Font Size: 
PENERAPAN MODEL SAVI DIDUKUNG MEDIA 3D TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV
ORINERI KIKA MARTAHERA, Abdul Aziz Hunaifi

Last modified: 2018-09-28

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi pada mata pelajaranMatematika. Proses pembelajaran dikelas yang terkesan monoton dan tidakmenarik. Selain itu, dalam mengajar guru tidak menggunakan mediapembelajaran,sehingga berdampak pada rendahnya kemampuan siswa.Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui model SAVI didukungmedia 3D berpengaruh terhadap pembelajaran matematika siswa kelas IV. 2)untuk mengetahui model SAVI didukung media gambar terhadap pembelajaranmatematika siswa kelas IV. 3) untuk mengetahui ada perbedaan penerapanmodel SAVI didukung media 3D dibandingkan model SAVI didukung mediagambar terhadap pembelajaran matematika siswa kelas IV.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknikpenelitian eksperimen tipe quasi eksperimental design dengan jenisnonequivalent control group design. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV.Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat diambil kesimpulanbahwa: 1) Ada pengaruh penerapan model SAVI didukung media 3D terhadapkemampuan menentukan sifat-sifat bangun ruang sederhana siswa kelas IVterbukti dengan t-hitung = 7,802 > t-tabel 5% = 2,074. 2) Ada pengaruhpenerapan model SAVI didukung media gambar terhadap kemampuanmenentukan sifat-sifat bangun ruang sederhana siswa kelas IV terbukti dengan t- hitung = 4,013 > t-tabel 5% = 2,074. 3) Ada perbedaan pengaruh penerapanmodel pembelajaran SAVI didukung media 3D dibandingkan penerapan modelpembelajaran SAVI didukung media gambar terhadap kemampuan menentukansifat-sifat bangun ruang sederhana siswa kelas IV terbukti dengan t-hitung =4,636> t-tabel 5% = 2,021.

Keywords


Kata kunci: Model SAVI, Media 3D, Pembelajaran Matematika

Full Text: PDF
LPPM Server - Powered by BSI