Conference Nusantara PGRI Kediri University, Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Ke-2

Font Size: 
PROBLEMATIKA GURU DALAM PENYUSUNAN LAPORAN HASIL BELAJAR BERBASIS DIGITAL DI MI YPSM PUNJUL KABUPATEN KEDIRI
Karimatus saidah

Last modified: 2018-09-28

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui prosedur penyusunan laporan hasil belajar
berbaisi digital. (2) Permasalahan yang dihadapi guru dalam menyusun laporan hasil belajar
berbasis digital (3) Strategi guru untuk mengatasi kendala dalam menyusun laporan belajar
berbasis digital.Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, subjek penelitian ini
adalah guru yang mengajar di MI YPSM Punjul.Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah wawancara dan.dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan
data, reduksi data, revisi data dan penyajian data, untuk menguji keabsahan data
menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan prosedur penyusunan
laporan hasil belajar yaitu menggolongkan data hasil belajar berdasarkan ranah pengetahuan
sikap dan keterampilan, selanjutnya data hasil penilaian harian, penilaian tengah semester dan
penilaian akhir semester dipilah berdasarkan mata pelajaran, karena kegiatan pembelajaran
dilakukan secara tematik. Data yang berupa angka tersebut kemudian dimasukkan ke dalam
aplikasi komputer yaitu Microsoft officemicrosoft office macro excel . Pada ranah pengetahuan
dan keterampilan kesimpulan data berupa angka sedangkan pada ranah sikap kesimpulan data
berupa predikat yang dideskripsikan mengenai kemampuan siswa. Masalah yang dihadapai
guru antara lain penguasaan teknologi yang masih minim, jumlah item penilaian yang cukup
banyak dan prosedur penilaian yang kompleks cukup menyulitkan guru, hasil deskripsi pada
ranah sikap dan keterampilan kurang bisa mengakomodasi keunikan siswa, serta orang tua
yang belum memahami perubahan bentuk laporan belajar, sehingga menuntut adanya sistem
ranking kelas. Strategi guru untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan meminta bantuan
dari bagian IT sekolah, berdialog dengan sesama guru dan kelompok kerja guru, menjelaskan
terkait kompetensi sikap dan keterampilan secara langsung kepada orang tua siswa, dan
menyusun daftar rangking siswa secara tersendiri.

Keywords


Problematika, laporan Hasil belajar, digital

Full Text: PDF
LPPM Server - Powered by BSI