Conference Nusantara PGRI Kediri University, Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Ke-2

Font Size: 
PEMBERDAYAAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMA ISLAM AL- MA’ARIF SINGOSARI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN JINEMAM
Khalimatus Sa'diah, Dwi Candra Setiawan

Last modified: 2018-09-28

Abstract


Proses pembelajaran di sekolah saat ini menuntut guru untuk lebih
kreatif dan inovatif. Pasalnya masih banyak siswa yang belum
mampu memahami konsep dalam mata pelajaran Biologi. Banyak
hal yang menghambat kurangnya kemampuan pemahaman konsep
siswa terhadap pembelajaran Biologi. Beberapa faktor penghambat
kurangnya kemampuan pemahaman konsep siswa yaitu belum
tersedianya buku pegangan bagi seluruh siswa dan kurangnya
kreativitas guru dalam mengembangkan model pembelajaran. Dari
permasalahan tersebut mengakibatkan siswa menjadi mudah jenuh
sehingga siswa sulit memahami konsep materi Biologi yang
kemudian akan berimplementasikan kepada pemahaman konsep
siswa yang tidak diberdayakan. Oleh sebab itu pendidik juga harus
peka terhadap setiap permasalahan yang muncul dalam proses
pembelajaran, sehingga permasalahan tersebut dapat segera
diatasi. Salah satu cara mengatasi masalah tersebut adalah dengan
menggunakan model pembelajaran JINEMAM (Jigsaw, Example
Non Example dan Make A Match) sehingga mampu mengatasi
permasalahan tersebut. Tujuan dari penelitian ini ialah menjelaskan
pengaruh model pembelajaran JINEMAM terhadap kemampuan
pemahaman konsep siswa. Jenis penelitian adalah kuasi
eksperimen. Teknik analisis data untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran JINEMAM menggunakan analisis data SPSS.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model
pembelajaran JINEMAM memberikan pengaruh signifikan terhadap
kemampuan pemahaman konsep siswa. Sehingga disarankan
kepada pembaca agar mengimplementasikan model pembelajaran
JINEMAM sebagai upaya perbaikan proses pembeajaran Biologi
dikelas.

Keywords


JINEMAM, Pemahaman Konsep, Biologi

Full Text: PDF
LPPM Server - Powered by BSI