Conference Nusantara PGRI Kediri University, Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Ke-2

Font Size: 
PROSES BERPIKIR ALJABAR SISWA MTS KELAS VIII MENURUT TAKSONOMI SOLO
Lilia Sinta Wahyuniar, Niska Shofia, Siti Rochana

Last modified: 2018-09-28

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir
aljabar siswa MTS kelas VIII dalam menyelesaikan masalah aljabar
berdasarkan taksonomi SOLO dilihat dari perbedaan kemampuan
matematika pada jenis kelamin perempuan.
Penelitian dilakukan di kelas VIII MTS Miftahul Huda Kabupaten
Kediri. Subjek penelitian terdiri dari tiga siswa perempuan dengan
kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Subjek dipilih berdasarkan
informasi dari guru mengenai kemampuan matematika serta
kebersediaan dan keterbukaan subjek untuk diwawancari mengenai
tugas masalah aljabar.
Hasil penelitian menunjukkan siswa perempuan dengan
kemampuan tinggi memenuhi indikator berpikir aljabar yaitu
menemukan suku tertentu dan menggeneralisasikan pola yang
diberikan serta memahami peran variabel sebagai bilangan yang
diperumum pada bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan.
Siswa perempuan dengan kemampuan matematika sedang hanya
memenuhi indikator berpikir aljabar yaitu menemukan suku tertentu
pada pola yang diberikan. Sedangkan perempuan dengan
kemampuan matematika rendah tidak memenuhi satupun indikator
berpikir aljabar.

Keywords


proses berpikir aljabar, taksonomi solo

Full Text: PDF
LPPM Server - Powered by BSI