Conference Nusantara PGRI Kediri University, Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Ke-2

Font Size: 
ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA YANG MENGACU PADA TIMSS PADA SISWA KELAS IV SDN NGADI KABUPATEN KEDIRI
Linasari Agustin, Alfi Laila, Bagus Amirul Mukmin

Last modified: 2018-09-28

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi awal bahwa kemampuan siswa dalam
mengerjakan s oal matematika masih di bawah KKM karena dalam pembelajaran hanya
terpacu pada guru dan siswa pasif sehingga tujuan pembelajaran kurang tercapai.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan literasi
matematika yang mengacu TIMSS pada siswa kelas IV SDN Ngadi Kab. Kediri tahun ajaran
2017/2018? (2) Faktor-faktor apakah yang mempengaruhi rendahnya kemampuan literasi
matematika siswa?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif jenis studi kasus dengan
langkah-langkah meliputi, (1) prapenelitian (2) penelitian, dan (3) pascapenelitian. Penelitian
ini menggunakan subjek penelitian siswa kelas IV sekolah dasar dengan objek penelitian
yaitu SDN Ngadi dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa tes.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Kemampuan literasi
matematika yang mengacu TIMSS pada kelas IV SDN Ngadi masih di bawah KKM (<75)
dengan perolehan nilai rata-rata 61.78. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan
literasi matematika yang mengacu TIMSS pada siswa kelas IV SDN Ngadi tergolong rendah
(2) Rendahnya kemampuan literasi matematika siswa disebabkan oleh faktor ekternal
nonsosial yang berujung pada penggunaan model pembelajaran yang digunakan oleh guru.

Keywords


kemampuan literasi, matematika, TIMSS.

Full Text: PDF
LPPM Server - Powered by BSI