Conference Nusantara PGRI Kediri University, Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Ke-2

Font Size: 
PERAN TEKNIK PSIKODRAMA DIGUNAKAN UNTUK MENINGKATKAN SELF CONFIDENT SISWA SMK
Maulida Fatmawati, Yuanita Dwi Krisphianti

Last modified: 2018-09-28

Abstract


Sekolah Menengah Kejuruan merupakan sekolah yang salah satu tujuan
pendidikannya yakni menyiapkan setiap lulusan untuk siap bekerja pada dunia
industri. Salah satu hal mendasar yang dibutuhkan selain skill atau kemampuan
juga diperlukan self confident atau kepercayaan diri. Dengan memiliki self
confident maka akan mampu meningkatkan kualitas diri. Namun fakta dilapangan
menyebutkan bahwa masih lemahnya tingkat self confident siswa, hal ini
ditunjukkan dengan sering nervous, malu, gemetar, gugup, sulit untuk
beradaptasi pada lingkungan yang baru dan tidak yakin dengan pilihan ataupun
kemampuan yang dimiliki. Fenomena tersebut diperlukan suatu penanganan
secara ekstra sehingga siswa yang dipersiapkan untuk terjun pada dunia kerja
dapat menjadi tenaga yang profesional. Dalam hal ini dapat menggunakan teknik
psikodrama. Teknik psikodrama merupakan permainan peranan yang digunakan
untuk membantu konseli dalam mengungkapkan tekanan yang dialami sesuai
dengan permasalahan yang dialami. Penelitian untuk mengetahui peran
psikodrama untuk meningkatkan self confident menggunakan pendekatan
kuatitatif dengan teknik pre eksperimen. Sedangkan untuk instrumen
pengumpulan data yang digunakan yaitu skala self confident dan RPLBK teknik
psikodrama. Pemberian dukungan positif dari berbagai pihak seperti halnya guru,
orang tua serta semua unsur yang ada disekitar siswa serta pemberian teknik
psikodrama diharapkan dapat membantu siswa dalam peningkatan self confident
sehingga ketika siswa terjun pada dunia industri maka secara mudah siswa
dapat mudah beradaptasi.

Keywords


Teknik Psikodrama, Self Confident

Full Text: PDF
LPPM Server - Powered by BSI