Conference Nusantara PGRI Kediri University, Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Ke-2

Font Size: 
PENGEMBANGAN INSTRUMEN KOMPETENSI GURU PJOK (IKGP)
Miftah Fariz Prima Putra

Last modified: 2018-09-28

Abstract


Tujuan studi ini adalah mengembangkan instrumen untuk mengukur
kompetensi guru PJOK yang mengacu pada UU No. 14 tahun 2005
tentang Guru dan Dosen serta PP No. 19 tahun 2005 tentang
Standar Nasional Pendidikan (dirubah menjadi PP No. 32 tahun
2013). Model R & D digunakan untuk mencapai tujuan penelitian
tersebut. Hasil pengembangan awal didapat 4 indikator (pedagogik,
profesional, kepribadian, dan sosial) yang dipecah menjadi 14 sub
indikator dan dirinci dalam 45 item pernyataan. Tahap berikutnya
adalah melakukan uji ahli (expert judgement) pada dua guru besar
bidang olahraga di Indonesia untuk menilai ketapatan antara item
pernyataan dengan variabel yang diukur dalam instrumen yang
dikembangkan. Setelah melalui uji ahli, instrumen diuji validitas dan
reliabilitasnya pada 5 sekolah SMP (2 terakreditasi A, 2 terakreditasi
B, dan 1 terakreditasi C) yang ada di Kota Jayapura, Papua. Dalam
uji coba tersebut melibatkan 65 siswa, 8 guru non penjasorkes, dan
6 guru penjasorkes. Setelah mengalami rangkain uji yang ketat
didapat 38 item Instrumen Kompetensi Guru PJOK (IKGP) dengan
4 alternatif jawaban yang valid dan reliabel dan dapat digunakan
untuk mengetahui kompetensi guru PJOK.

Keywords


Instrumen, Kompetensi, Guru PJOK

Full Text: PDF
LPPM Server - Powered by BSI