Conference Nusantara PGRI Kediri University, Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Ke-2

Font Size: 
MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPs) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP
Miftakhul Nikmah, Ika Santia, Aan Nurfahrudianto

Last modified: 2018-09-28

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengalaman dan hasil pengamatan peneliti,
bahwa pembelajaran matematika masih menggunakan model pembelajaran
mekanistik yaitu pembelajaran yang menekankan pada menghafal konsep dan
prosedur matematika guna menyelesaikan soal, guru menerangkan konsep dan
operasi matematika, memberi contoh, mengerjakan soal, serta meminta siswa
untuk mengerjakan soal yang sejenis dengan soal yang sudah diterangkan.
Sehingga proses pemahaman konsep matematika hampir tidak ada,
mengakibatkan kemampuan pemahaman konsep siswa rendah. Permasalahan
penelitian ini adalah “ Adakah peningkatan kemampuan pemahaman konsep
siswa melalui model pembelajaran conceptual understanding procedures (CUPs)
pada materi bangun ruang sisi datar balok?”. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-experimental dan desain
penelitian one group pretest posttest design. Subyek pada penelitian ini adalah
kelas VIII-A SMPN 3 Kota Kediri tahun ajaran 2017-2018. Data penelitian diambil
melalui tes. Analisis data menggunakan bantuan SPSS. Hasil penelitian
menunjukan bahwa rata-rata nilai pretest sebesar 45,83 dan posttest sebesar
83,61. Berdasarkan perhitungan paired sample t-test dengan bantuan SPSS
dengan taraf signifikansi 5%, diperoleh sig (2-tailed) < 5% yaitu 0,000 < 0,005.
Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, berarti bahwa ada peningkatan
kemampuan pemahaman konsep siswa melalui model pembelajaran conceptual
understanding procedures (CUPs) pada materi bangun ruang sisi datar balok.

Keywords


pemahaman konsep, conceptual understanding procedures (CUPs)

Full Text: PDF
LPPM Server - Powered by BSI