Conference Nusantara PGRI Kediri University, Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Ke-2

Font Size: 
PENGARUH PEMBELAJARAN PEOE BERBASIS FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI IKIP BUDI UTOMO MALANG
Mistianah Mistianah, Ismi Nurul Qomariyah

Last modified: 2018-09-28

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
pembelajaran PEOE berbasis Flipped Classroom terhadap
kemampuan metakognitif mahasiswa IKIP Budi Utomo Malang.
Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment. Populasi
penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Biologi di IKIP Budi
Utomo Malang. Data kemampuan metakognitif diukur dengan cara
memberikan tes tertulis berupa essay tes. Penskoran kemampuan
metakognitif diperoleh dari rubrik penskoran kemampuan metakognitif
yang dikembangkan oleh Corebima (2009). Analisis yang digunakan
dalam penelitian ini adalah anakova untuk mengetahui pengaruh
model PEOE berbasis Flipped Classroom terhadap kemampuan
metakognitif mahasiswa. Data yang diperoleh dianalisis
menggunakan bantuan program SPSS 16.00 for Windows. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PEOE berbasis Flipped
Classroom berpengaruh terhadap kemampuan metakognitif
mahasiswa. Dari hasil penelitian, dapat diketahui bahwa model
pembelajaran PEOE berbasis Flipped Classroom lebih baik dalam
memberdayakan kemampuan metakognitif mahasiswa.

Keywords


pembelajaran PEOE berbasis Flipped Classroom, kemampuan metakognitif

Full Text: PDF
LPPM Server - Powered by BSI