Font Size:
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH EROPA
Last modified: 2018-09-28
Abstract
Pemanfaatan teknologi sangat diperlukan di dalam dunia
pendidikan. Salah satunya memanfaatkan program yang bernama
adobe flash CS3 yang digunakan untuk membuat animasi. Program
ini juga bisa digunakan untuk membuat media pembelajaran yang
sangat menarik karena bisa menampilkan dan menyajikan unsur
teks, gambar, suara dan video dalam sebuah satu kesatuan media
pembelajaran. Sehingga pembelajaran dengan menggunakan
media pembelajaran ini diharapkan bisa meningkatkan motivasi dan
akhirnya bisa meningkatkan hasil belajar mahasiswa IKIP Budi
Utomo Malang. Oleh karena itu peneliti mengembangkan produk
media pembelajaran menggunakan adobe flash CS3 pada mata
kuliah sejarah eropa yaitu materi sejarah peradaban romawi kuno.
Metode penelitian adalah pengembangan (Research and
Development / R&D). Dengan sampel mahasiswa angkatan 2016
kelas A prodi pendidikan sejarah dan sosiologi IKIP Budi Utomo
Malang. Hasil validitas oleh ahli pembelajaran menunjukkan kriteria
sangat valid dengan total nilai 85%. Kemudian berdasarkan hasil
angket tentang kemenarikan media pembelajaran kepada
mahasiswa diperoleh nilai rata-rata total 89,11% yang menunjukkan
kriteria sangat valid. Dan untuk hasil belajar diperoleh nilai rata-rata
post-test lebih besar dari nilai rata-rata pre-test yaitu 77.11 > 64.44.
Secara umum mahasiswa mengalami peningkatan hasil belajar
setelah mengikuti pembelajaran yang menggunakan media
pembelajaran berbasis Adobe Flash CS3 pada materi sejarah
peradaban romawi kuno.
pendidikan. Salah satunya memanfaatkan program yang bernama
adobe flash CS3 yang digunakan untuk membuat animasi. Program
ini juga bisa digunakan untuk membuat media pembelajaran yang
sangat menarik karena bisa menampilkan dan menyajikan unsur
teks, gambar, suara dan video dalam sebuah satu kesatuan media
pembelajaran. Sehingga pembelajaran dengan menggunakan
media pembelajaran ini diharapkan bisa meningkatkan motivasi dan
akhirnya bisa meningkatkan hasil belajar mahasiswa IKIP Budi
Utomo Malang. Oleh karena itu peneliti mengembangkan produk
media pembelajaran menggunakan adobe flash CS3 pada mata
kuliah sejarah eropa yaitu materi sejarah peradaban romawi kuno.
Metode penelitian adalah pengembangan (Research and
Development / R&D). Dengan sampel mahasiswa angkatan 2016
kelas A prodi pendidikan sejarah dan sosiologi IKIP Budi Utomo
Malang. Hasil validitas oleh ahli pembelajaran menunjukkan kriteria
sangat valid dengan total nilai 85%. Kemudian berdasarkan hasil
angket tentang kemenarikan media pembelajaran kepada
mahasiswa diperoleh nilai rata-rata total 89,11% yang menunjukkan
kriteria sangat valid. Dan untuk hasil belajar diperoleh nilai rata-rata
post-test lebih besar dari nilai rata-rata pre-test yaitu 77.11 > 64.44.
Secara umum mahasiswa mengalami peningkatan hasil belajar
setelah mengikuti pembelajaran yang menggunakan media
pembelajaran berbasis Adobe Flash CS3 pada materi sejarah
peradaban romawi kuno.
Keywords
Pengembangan, Media Pembelajaran, Adobe Flash CS3, Hasil Belajar
Full Text:
PDF