Conference Nusantara PGRI Kediri University, Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Ke-2

Font Size: 
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIJAIYAH (AYAT AL-QUR’AN) DENGAN MEDIA PUZZLE
Nikmatul Fuadah, Ridwan Ridwan

Last modified: 2018-09-28

Abstract


Kemampuan membaca huruf Hijaiyah (Ayat A-Qur’an) pada anak usia dini perlu
mendapatkan perhatian karena pada usia tersebut merupakan usia emas. Seorang anak
mampu dengan mudah untuk mengenal huruf Hijaiyah dan mereka dengan mudah mengenali
dan menghafal surat surat pendek. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui penggunaan
media Puzzle dalam meningkatkan kemampuan membaca huruf Hijaiyah pada anak usia dini.
Pembelajaran dengan media puzzle, menganut aliran ilmu kognitif modern dengan melibatkan
emosi,seluruh tubuh,semua indra siswa. Media puzzle akan melahirkan sebuah konsep belajar
yag dikenal dengan BBA (Belajar Berdasar Aktifitas ). Belajar Berdasar Aktifitas berarti bergerak
secara aktif, secara fisik ketika siswa belajar dengan menggunakan kemampuan sebanyak
mungkin indra siswa,serta melibatkan fikiran dan perasaan siswa. Puzzle huruf Hijaiyyah adalah
bentuk atau pola yang berbentuk potongan potongan huruf Hijaiyyah yang bila disusun akan
menjadi kalimat atau kata yang sempurna dari bagian ayat Al Quran yang bisa dibaca dengan
baik dan benar.Sedang bentuk dari puzzle ini bisa beragam dan dibuat dengan bermacam
bentuk dengan tujuan agar siswa lebih bersemangat dan senang dalam belajar..
Simpulan dari penulisan artikel ini adalah dengan melalui media puzzle, terbukti efektif
dapat mengembangkan kemampuan membaca huruf Hijaiyah pada anak usia dini.
Rekomendasi dari penelitian ini adalah penggunaan media puzzle dapat digunakan untuk
mengembangkan aspek-aspek perkembangan anak usia dini lainnya.

Keywords


huruf Hijaiyah, media puzzle

Full Text: PDF
LPPM Server - Powered by BSI