Conference Nusantara PGRI Kediri University, Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Ke-2

Font Size: 
ANALISIS KEBUTUHAN BUKU AJAR STRUKTUR PERKEMBANGAN HEWAN BERBASIS HASIL PENELITIAN MATERI REGENERASI PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI
Nikmatul Iza, Primadya Anantyarta

Last modified: 2018-09-28

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahan ajar berbasis hasil
penelitian yang perlu dikembangkan pada matakuliah perkembangan
hewan khususnya materi regenerasi pada Program Studi Pendidikan
Biologi, IKIP Budi Utomo Malang. Subjek dalam penelitian yaitu mahasiswa
Pendidikan Biologi angkatan 2014 sebanyak 45 orang. Analisis yang
dilakukan berdasarkan tahap awal dari model Hannafin dan Peck yaitu need
assessment. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi
selama proses pembelajaran, pemberian angket kepada mahasiswa dan
dosen pengampu, serta wawancara. Hasil analisis kebutuhan menunjukkan
bahwa terdapat 69% mahasiswa menggunakan sumber belajar jurnal,
sebanyak 20% menggunakan buku ajar secara umum, 7% mahasiswa
menggunakan media yang menarik, dan 4% mengakses dari internet.
Metode dan strategi yang digunakan selama perkuliahan sebanyak 80%
proses pembelajaran dengan ceramah, menyusun makalah, dan presentasi,
11% dengan presentasi dan praktikum, 4%, membuat resume dan belajar
kelompok, serta 9% membuat makalah, presentasi, dan praktikum. Sumber
belajar yang di inginkan mahasiswa 80% menginginkan buku ajar yang
mudah dipahami, disertai dengan gambar yang menarik dengan hasil
penelitian yang kontekstual, 11% mahasiswa menggunakan model
pembelajaran yang menarik, dan 9% memanfaatkan media yang menarik.
Dosen belum menggunakan buku ajar sebagai sumber penunjang dan
petunjuk praktikum masih secara umum. Oleh karena itu perlu
dikembangkan buku ajar berbasis hasil penelitian sesuai kebutuahan.

Keywords


Analisis Kebutuhan, Buku Ajar Berbasis Hasil Penelitian, Regenerasi

Full Text: PDF
LPPM Server - Powered by BSI