Conference Nusantara PGRI Kediri University, Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Ke-2

Font Size: 
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL
Nila Fitria

Last modified: 2018-09-28

Abstract


Pendidikan karakter merupakan ciri khas setiap anak di dalam lingkungan keluarga, sekolah,
dan masyarakat. Implementasi pendidikan karakter yang dibuat oleh sekolah diupayakan agar
dapat membentuk karakter anak yang baik. TK Raudlatul Azhar merupakan sekolah TK yang
menerapkan pendidikan karakter melalui permainan tradisional. Karakter yang dikembangkan
mencakup kecintaan terhadap Tuhan YME, disiplin, berani, jujur, tanggung jawab, dan kerja
keras. Permainan tradisional yang dilakukan adalah taplak gunung. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter melalui permainan tradisional di TK
Raudlatul Azhar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan
pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data pada penelitian ini ialah kepala sekolah,
guru TK A, dan guru TK B. Hasil penelitian ini ialah pendidikan karakter yang diterapkan melalui
permainan tradisional menunjukkan peran guru dalam memotivasi anak untuk bermain
permainan tradisional dan anak berperan sebagai individu yang belajar untuk berkarakter baik.

Keywords


pendidikan, karakter, permainan tradisional, anak TK

Full Text: PDF
LPPM Server - Powered by BSI