Conference Nusantara PGRI Kediri University, Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Ke-2

Font Size: 
ANALISIS KEBUTUHAN BAHAN AJAR EVOLUSI BERBASIS HASIL PENELITIAN PROFIL DNAFINGERPRINTING ETNIS JAWA-ARAB
Nila Kartika Sari, Nikmatul Iza

Last modified: 2018-09-28

Abstract


Tujuan Penelitian ini untuk menganalisis kebutuhan bahan ajar (Handout) Evolusi berbasis hasil penelitian Profil DNA Fingerprinting Pada Etnis Jawa-Arab di Kota Malang, Jawa Timur, Indonesia khususnya materi Variasi Genetik. Analisis Kebutuhan dilakukan berdasarkan model pengembangan 4D pada tahap pendefinisian (define). Subjek penelitian yaitu mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi IKIP Budi Utomo Malang yang telah menempuh matakuliah evolusi sebanyak 30 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi selama pembelajaran, penyebaran angket kepada mahasiswa dan dosen pengampu.  Hasil analisis menunjukkan sebanyak 36,67% mahasiswa menyatakan sudah tersedia bahan ajar Evolusi namun hanya berupa LKS dan sebanyak 63,33% menyatakan belum tersedia bahan ajar Evolusi sehingga 100% mahasiswa setuju apabila pada matakuliah Evolusi diberikan Handout berbasis Hasil penelitian profil DNA Fingerprinting dengan alasan mahasiswa dapat lebih mudah memahami konsep karena bersumber langsung dari hasil penelitian sehingga dalam proses perkuliahan seperti terlibat langsung dalam kegiatan penelitian. Terdapat 13,33% mahasiswa mengharapkan handout berisi bacaan dan soal sedangkan 86,67% mahasiswa menginginkan handout yang bahasanya mudah dipahami serta diberikan contoh dan konsep rill berbasis hasil penelitian. Dosen menyatakan belum terdapat bahan ajar Evolusi berbasis penelitian sehingga perlu dikembangkan agar kegiatan pembelajaran Evolusi lebih konstekstual, menarik dan menyenangkan serta dapat membantu dalam memahami konsep evolusi dengan baik dan benar.

Keywords


Analisis Kebutuhan, Handout Berbasis Hasil Penelitian, Profil DNAfingerprinting

Full Text: PDF
LPPM Server - Powered by BSI