Conference Nusantara PGRI Kediri University, Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Ke-2

Font Size: 
BIMBINGAN KARIR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN MEMILIH JURUSAN DI PERGURUAN TINGGI SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)
Novi A Thoyyibba Rotul Muttaqin, Rosalia Dewi Nawantara

Last modified: 2018-09-28

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa bimbingan karir yang dilaksanakan masih kurang efektif dikarenakan jam masuk kelas sangat minim untuk guru BK melaksanakan bimbingan klasikal. Akibatnya pengetahuan dalam pengambilan keputusan karir rendah. Hal tersebut nampak dari keterampilan pengambilan keputusan memilih jurusan di perguruan tinggi rendah, yang pada akhirnya membuat para siswa merasa kebingungan dalam menentukan pilihan jurusan di perguruan tinggi. Permasalahan penelitian ini adalah Apakah bimbingan karir dapat meningkatkan keterampilan pengambilan keputusan memilih jurusan di perguruan tinggi siswa Sekolah Menengah Atas (SMA)? dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah bimbingan karir dapat meningkatkan keterampilan pengambilan keputusan memilih jurusan di perguruan tinggi siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan subyek penelitian siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Desain penelitian ini adalah Quasi Eksperimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Pada desain ini kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol tidak dipilih secara random. Teknik sampel dalam penelitian ini adalah teknik sampel Nonprobability Sampling dengan bentuk desain teknik sampel berupa Purposive Samplin.

Keywords


Bimbingan karir, keterampilan pengambilan keputusan memilih jurusan di perguruan tinggi

Full Text: PDF
LPPM Server - Powered by BSI