Conference Nusantara PGRI Kediri University, Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Ke-2

Font Size: 
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKA-TEKI SILANG UNTUK PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS V
Novia Dewi Setio Kuncoro, SUGIONO SUGIONO, ABDUL AZIZ HUNAIFI

Last modified: 2018-09-28

Abstract


Berdasarkan hasil pengamatan di kelas V diketahui bahwa pembelajaran
Ilmu Pengetahuan Sosial kurang efektif karena guru tidak menggunakan media
pembelajaran pada saat menyampaikan materi. Hal ini membuat siswa kurang
antusias dan kurang memahami materi yang disampaikan.
Penelitian pengembangan ini bertujuan manghasilkan produk berupa
media pembelajaran teka-teki silang materi tokoh-tokoh sejarah pada masa
Hindhu Budha dan Islam di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah (1)
Mengetahui kevalidan media teka-teki silang materi tokoh-tokoh sejarah pada
masa Hindhu Budha dan Islam di Indonesia, (2) Mengetahui keefektifan media
teka-teki silang untuk materi tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindhu Budha dan
Islam di Indonesia.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model yang dipakai
dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan ADDIE. Adapun tahap
pengembangannya melalui lima fase yaitu (A)nalysis, (D)esign, (D)evelopment),
(I)mplementation, (E)valuation.
Hasil validasi media pembelajaran diperoleh kategori sangat valid dengan
memperoleh persentase dari ahli media dan ahli materi 89%.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini dengan menggunakan media teka-teki
silang untuk materi tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindhu Budha dan Islam di
Indonesia memperoleh respon yang positif dan layak untuk digunakan.

Keywords


media teka-teki silang, tokoh-tokoh sejarah paada masa Hindhu Budha dan Islam di Indonesia.

Full Text: PDF
LPPM Server - Powered by BSI