Conference Nusantara PGRI Kediri University, Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Ke-2

Font Size: 
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SYNDICATE GROUP DIDUKUNG MEDIA 3D REPLIKA JANTUNG BUATAN TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI ORGAN PEREDARAN DARAH MANUSIA PADA SISWA KELAS V SDN SEKARPUTIH KABUPATEN NGANJUK TAHUN AJARAN 2017/2018
Novia Nurusshobah, Alfi Laila, Wahid Ibnu Zaman

Last modified: 2018-09-28

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi adanya permasalahan yang terjadi pada proses belajar
mengajar, khusunya pada mata pelajaran IPA. Pada pembelajaran IPA masih terlihat guru
hanya menerangkan materi tanpa menggunakan media sebagai pendukungnya. Akibatnya
pembelajaran menjadi membosankan dan kurang efektif. Hal ini dapat dilihat dari hasil nilai
yang diperoleh siswa pada materi IPA khusunya organ peredaran darah manusia masih
terlihat rendah yaitu masih di bawah nilai KKM.
Permasalahan yang ada pada penelitian ini adalah (1) bagaimanakah kemampuan
mengidentifikasi organ peredaran darah manusia tanpa menggunakan metode pembelajaran
syndicate group didukung media 3D replika jantung buatan pada siswa kelas V SDN
Sekarputih Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2017-2018? (2) bagaimanakah kemampuan
mengidentifikasi organ peredaran darah manusia dengan menggunakan metode pembelajaran
syndicate group didukung media 3D replika jantung buatan pada siswa kelas V SDN
Sekarputih Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2017-2018? (3) adakah pengaruh metode
pembelajaran syndicate group didukung media 3D replika jantung buatan terhadap
kemampuan mengidentifikasi organ peredaran darah manusia pada siswa kelas V SDN
Sekarputih Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2017-2018?
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) kemampuan mengidentifikasi organ
peredaran darah manusia tanpa menggunakan metode pembelajaran syndicate group didukung
media 3D replika jantung buatan masih dibawah KKM, hal ini dibuktikan dengan nilai rata –
rata siswa yaitu 69,58. (2) kemampuan mengidentifikasi organ peredaran darah manusia
dengan menggunakan metode pembelajaran syndicate group didukung media 3D replika
jantung buatan sudah meningkat, hal ini dibuktikan dengan hasil nilai rata – rata siswa sudah
di atas KKM yaitu 73,75. (3) ada pengaruh yang signifikan dengan menggunakan metode
pembelajaran syndicate group didukung media 3D replika jantung buatan dan tanpa
menggunakan metode pembelajaran syndicate group didukung media 3D replika jantung
buatan terhadap kemampuan mengidentifikasi organ peredaran darah manusia pada siswa
kelas V SDN Sekarputih Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2017/ 2018 hal ini dapat
dibuktikan dari hasil analisa dengan menggunakan taraf signifikan 5% diperoleh t-hitung
9,113, df 15, dan sig (2-tailed) 0,000. Karena t-hitung=sig 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan
Ha diterima.

Keywords


metode syndicate group, media 3D, kemampuan, organ peredaran darah

Full Text: PDF
LPPM Server - Powered by BSI