Conference Nusantara PGRI Kediri University, Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Ke-2

Font Size: 
MOTIVASI BELAJAR SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR DAN MINAT BELAJAR
Nungky Desanty Putri, Ikke Yuliani Dhian Puspitarini

Last modified: 2018-09-28

Abstract


Pendidikan sangat penting dalam kehidupan sehari-hari guna mengembangkan potensi
siswa. Namun dalam penyelenggaraan proses pendidikan terjadi banyak hambatan, salah
satunya dari siswa yang memiliki motivasi belajar rendah. Berdasarkan salah satu fakta yang
ditemukan di sekolah, siswa yang memiliki motivasi belajar rendah disebabkan karena belum
menemukan gaya belajar yang sesuai dengan karakter dirinya sehingga menyebakan minat
belajarnya juga rendah. Dalam strategi belajar, terdapat gaya belajar yang sesuai dengan
kemampuan siswa dalam menyerap berbagai informasi atau materi pelajaran, diantaranya
gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik. Disamping gaya belajar, minat belajar juga
mempunyai peranan dalam motivasi belajar siswa. Minat belajar siswa yang rendah dapat
dilihat dari siswa yang malas belajar, tidak peduli dengan nilainnya, dan tidak ada semangat
dalam belajar. Jika kondisi tersebut terus berlangsung, maka dapat merusak masa
depannya. Oleh karena itu siswa diharapkan mampu menemukan gaya belajar yang tepat,
sehingga dapat menumbuhkan minat belajarnya dan meningkatkan motivasi belajar untuk
menyongsong generasi emas yang aktif dan kreatif. Namun dalam penulisan artikel ini
terbatas pada rasionalisme motivasi belajar siswa yang ditinjau dari gaya belajar dan minat
belajar.

Keywords


motivasi belajar, gaya belajar, minat belajar

Full Text: PDF
LPPM Server - Powered by BSI