Conference Nusantara PGRI Kediri University, Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Ke-2

Font Size: 
SELF ASSESSMENT BERBASIS PAPERLESS DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN PADA MAHASISWA IKIP BUDI UTOMO MALANG
Puspita Pebri Setiani, Khusnul Khotimah

Last modified: 2018-09-28

Abstract


Penelitian pengembangan self assessment berbasis paperless pada matakuliah
pendidikan pancasila dan kewarganegaraan sebagai alat ukur karakter cinta tanah air pada
mahasiswa IKIP Budi Utomo Malang memiliki tujuan jangka panjang dalam menyiapkan
lulusan yang sesuai dengan visi kampus IKIP Budi Utomo Malang yakni “Menjadi
Perguruan Tinggi Kependidikan dan Keguruan berbudiutama yang unggul, sehat dan
bertaraf internasional pada tahun 2022” dimana IKIP Budi Utomo Malang harus mengemban
dan mewujudkan nilai-nilai keIndonesiaan. KeIndonesiaan berarti IKIP Budi Utomo Malang
harus mengakomodasi seluruh potensi anak bangsa tanpa membeda-bedakan asal daerah,
suku, rasa, dan agama dalam kerangka menegakkan empat pilar kebangsaan yakni
Pancasila, UUD 45, Bhineka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Pelaksanaan penelitian diawali dengan Research and information, dimana Research
and information digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang kebutuhan instrument
evaluasi dalam mengevaluasi sikap atau karakter yang gampang diakses oleh mahasiswa
dengan kecanggihan IT. Kemudian dilanjutkan pada model ADDIE.

Keywords


self assessment, papaerless, pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dan karakter cinta tanah

Full Text: PDF
LPPM Server - Powered by BSI