Conference Nusantara PGRI Kediri University, Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Ke-2

Font Size: 
PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMPN 1 UDANAWU MATERI KUBUS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBING-PROMTING
Reni Sulis Wati, Yuni Katminingsih, Dian Devita Yohanie

Last modified: 2018-09-28

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi dari pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran
matematika yang berlangsung di sekolah masih didominasi oleh aktivitas guru dengan
penyampaian pembelajaran dengan pendekatan konvensional yakni guru secara aktif
mengajarkan matematika, kemudian memberikan contoh dan latihan sehingga banyak siswa
kurang memahami konsep dalam pembelajaran. Akibatnya pemahaman konsep siswa masih
rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep
melalui pembelajaran Probing-promting materi kubus kelas VIII siswa SMPN 1 Udanawu
tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis
data dari soal pretest dan posttest diolah menggunakan Uji Paired Sample t-test. Kesimpulan
dari penelitian ini adalah hasil analisis data dari soal pretest dan posttest mengalami
peningkatan dengan taraf signifikan sebesar . Sehingga kesimpulannya pemahaman konsep
melalui pembelajaran Probing-promting pada materi kubus kelas VIII SMPN 1 Udanawu
mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil penelitian di atas diharapakan pembelajaran
Probing-promting dapat diterapkan pada pembelajaran matematika agar dapat
meningkatkan pemahaman konsep siswa.

Keywords


Pemahaman Konsep, Probing-promting

Full Text: PDF
LPPM Server - Powered by BSI