Conference Nusantara PGRI Kediri University, Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Ke-2

Font Size: 
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA KULIAH PERENCANAAN PEMBELAJARAN MENGUNAKAN MODEL FOUR D UNTUK MAHASISWA STKIP PGRI TULUNGAGUNG
Ria Fajrin Rizqy Ana

Last modified: 2018-09-28

Abstract


Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar,
membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik
pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan
pendidikan menengah. Guru yang profesional harus mengerti dan memahami
perencanaan pembelajaran yang akan dilakukan. Mata kuliah ini membahas
konsep dasar perencanaan pembelajaran, pengembangan silabus,
pengembangan kecakapan, pengembangan persiapan mengajar, pengelolaan
pembelajaran, sistem penilaian dan program tindak lanjut serta merancang
pembelajaran yang mempertimbangkan karakteristik anak dan bidang studi
untuk mencapai tujuan pendidikan. Metode yang digunakan pada penelitian ini
adalah penelitian pengembangan menggunakan model 4D. Penelitian ini
dilakukan pada mahasiswa semester 4 program studi PGSD STKIP PGRI
Tulungagung. Instrumen yang digunakan yaitu angket untuk ahli materi, ahli
media, dan angket audiensi. Pada tahap define dilakukan analisis awal-akhir,
analisis siswa,analisis materi, analisis tugas dan spesifikasi tujuan
pembelajaran. Pada tahap design meliputi pembuatan rencana pembelajaran
semester, penyusunan buku, (RPP), dan penyusunan angket. Pada tahap
develop telah dihasilkan buku ajar yang dicetak. Untuk penilaian dari ahli
media diperoleh jumlah skor penilaian adalah 112 dengan prosentase 93,3%
termasuk kriteria valid. Untuk penilaian dari ahli materi diperoleh jumlah skor
penilaian adalah 38 dengan prosentase 95% termasuk kriteria valid. Setelah
media dihasilkan melalui validasi dan revisi, maka langkah selanjutnya
mengujicobakan produk tersebut. Terdapat 3 tahap uji coba, yaitu uji coba
perorangan, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan. Uji coba
perorangan yaitu tiga mahasiswa PGSD STKIP PGRI Tulungagung.
Kemudian uji coba kelompok kecil yaitu 12 mahasiswa dan uji coba lapangan
yaitu 37 mahasiswa semester IV kelas B Prodi PGSD STKIP PGRI
Tulungagung.

Keywords


bahan ajar, model Four D, perencanaan pembelajaran, pengembangan

Full Text: PDF
LPPM Server - Powered by BSI