Conference Nusantara PGRI Kediri University, Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Ke-2

Font Size: 
KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK STIMULUS CONTROL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR RASIONAL SISWA
Richma Hidayati

Last modified: 2018-09-28

Abstract


Konseling kelompok penting bagi konseli terutama individu yang
memperoleh kesulitan membutuhkan suasana kelompok untuk memecahkan
kesulitannya. Kadang konseli kesulitan mengemukakan masalahnya secara
individu atau membutuhkan orang lain. Konseling kelompok dapat membantu
mengentaskan segala jenis permasalahan siswa. Dengan menggunakan teknik
stimulus control yang dimasukkan dalam konseling kelompok akan membantu
siswa dalam menyelesaikan permasalahan dalam berfikir siswa. Teknik stimulus
control mengarahkan siswa dengan membantu stimulus-stimulus baru yang
mampu meningkatkan kemampuan berpikir rasional siswa yang sangat penting
dan menjadi dasar dalam perjalanan kehidupannya sehari-hari. Penelitian ini
menggunakan desain pre experimental design rancangan one shote case study.
Dengan metode yang digunakan adalah : instrument/angket, tes dan juga
dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan kelompok eksperimen
dan kelompok kontrol adalah adanya perbedaan yang signifikan dalam berfikir
rasiona siswa MI NU Banat Kudus. Hal ini menunjukkan dalam kelompok
eksperimen hasil pretes menunjukkan angka 19 dan hasil dari post tes adalah 81.
Sedangkan kelompok kontrol memperoleh skor pre test 18 dan skor post tes
adalah 73. Terjadi perbedaan yang signifikan antara kelompok kontrol yaitu
kelompok yang diberikan layanan konseling kelompok dalam meningkatkan
kemampuan berpikir rasionalnya dan kelompok eksperimen yaitu kelompok yang
mendapatkan teknik stimulus dalam meningkatkan kemampuan berfikir rasional.

Keywords


Konseling Kelompok, Stimulus Control, Berfikir Rasional

Full Text: PDF
LPPM Server - Powered by BSI