Conference Nusantara PGRI Kediri University, Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Ke-2

Font Size: 
IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION BERBASIS LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU BERKARAKTER SISWA KELAS X SMAN 5 KEDIRI PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI
Rinda Wahyutiani, Titis Mulyaningtiyas, Asep Satria Kurniawan, Sri Hidayati Rachmat, Sulistiono Sulistiono, Agus Muji Santoso

Last modified: 2018-09-28

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan perilaku
berkarakter siswa melalui penerapan Group Investigation
berbasis Lesson Study pada mata pelajaran biologi. Penelitian
ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan berbasis
Lesson study dengan menerapkan strategi Group Investigation
pada KD 3.9 sampai KD 3.10. Penelitian dilakukan sebanyak
tiga siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas X MIPA 5 (35
siswa) dan dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran
2017-2018 antara bulan Maret - April 2018. Data perilaku
berkarakter dihimpun dari lembar observasi (33 butir
pengamatan). Data perilaku berkarakter dianalisis secara
deskriptif yaitu dengan membandingkan data dari siklus 1,
siklus 2, dan siklus 3. Hasil yang diperoleh antara lain: ada
peningkatan perilaku berkarakter yaitu secara berurutandari
siklus 1 sampai 3 adalah 50,35%, 57,14%, 62,33%. Hasil dari
penelitian yang dilakukan dalam meningkatan perilaku
berkarakter melalui penerapan strategi Group Investigation
berbasis Lesson Study dikategorikan cukup baik, karena setiap
siklus mengalami kenaikan. Lesson learn kegiatan ini adalah
perilaku berkarakter siswa dapat lebih terpantau dan antar tim
PTK LS dapat saling belajar dalam mengembangkan perangkat
penilaian perilaku berkarakter.

Keywords


Perilaku berkarakter, Group Investigation, lesson study, pembelajaran biologi

Full Text: PDF
LPPM Server - Powered by BSI