Conference Nusantara PGRI Kediri University, Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Ke-2

Font Size: 
PEMANFAATAN MATERI AJAR TERINTEGRASI MEMBANTU KEMAMPUAN SISWA DALAM READING
Rini Anjarwati

Last modified: 2018-09-28

Abstract


Membaca adalah salah satu skill bahasa reseptif yang mendorong siswa
belajar skill yang lain yaitu berbicara (speaking) dan menulis (writing)
dalam waktu yang bersamaan. Pada kenyataanya setiap teks tertulis selalu
memuat aspek analisa wacana yang beragam. Namun demikian selalu saja
ada permasalahan yang membuat siswa tidak mampu mencapai standar
kelulusan. Oleh karena itu pemanfaatan sumber ajar yang terintegrasi bisa
digunakan untuk mengatasinya. Sumber ajar yang memuat semua
komponen membaca yang meliputi lexical knowledge, memahami
kosakata secara kontekstual dan juga reading comprehension skill
(penemuan ide pokok, scanning, skimming dll). Selain itu, buku tersbut juga
memuat aspek dalam menulis. Oleh karena itu, studi ini bertujuan
mendeskripsikan bahwa buku ajar berbasis integrasi mampu membantu
kemampuan siswa dalam membaca dan mendorong mereka untuk bisa
menulis sehingga siswa tidak hanya memperoleh informasi dari apa yang
dibaca tetapi lebih dari itu mereka bisa belajar bahasa itu sendiri yang
pada gilirannya menunjang mereka untuk bisa mengungkapan ide secara
tertulis.

Keywords


membaca, permasalahan, pembelajaran terintegrasi

Full Text: PDF
LPPM Server - Powered by BSI