Conference Nusantara PGRI Kediri University, Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Ke-2

Font Size: 
PENGGUNAAN MEDIA Pop-Up PADA MATERI STRUKTUR BUMI SISWA KELAS V SDN PAGU III TAHUN AJARAN 2017/2018
Rizky Eka Novia Sakti, Endang Sri Mujiwati

Last modified: 2018-09-29

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi dan wawancara
dengan wali kelas yang dilakukan di kelas V SDN Pagu III. Dari hasil
pengamatan dan wawancara diketahui bahwa pemahaman siswa pada materi
struktur bumi masih dirasa kurang. Hal tersebut disebabkan oleh guru tidak
menggunakan media pembelajaran selama kegiatan belajar mengajar
berlangsung. Dari hasil pengamatan tersebut dipilihlah media Pop-Up untuk
materi mendeskripsikan struktur bumi dengan rumusan masalah sebagai berikut.
(1) Bagaimana validitas media Pop-Up materi mendeskripsikan struktur bumi
siswa kelas V SDN Pagu III (2) Bagaimana kemampuan siswa kelas V SDN
Pagu III mendeskripsikan struktur bumi dengan menggunakan media Pop-Up.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE. Model ini

adalah model prosedural yang menunjukkan langkah-langkah atau tahapan-
tahapan dalam pengembangan. Prosedur dari model ADDIE terdiri dari tahapan

(1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, (5) Evaluation.
Kegiatan pada tahap analisis adalah melakukan analisis kinerja, kebutuhan, dan
kajian pustaka. Tahap design dilakukan untuk memprogamkan pembelajran yang
akan dilakuka pada uji coba. Tahap pengembangan media dilakukan mulai dari

menyusun design awal hingga design akhir. Sebelum diujicobakan, media Pop-
Up yang telah dipiih akan divalidasi oleh ahli media. selain itu, instrumen lain

yang harus di validasi sebelum uji coba adalah materi dalam media, dan soal
test. Validasi instrumen dilakukan oleh ahli materi. Selanjutnya, data yang
diperoleh dari lembar validasi dianalisis untuk mengetahui hasil validasi.
Hasil penelitian dengan penggunaan media Pop-Up adalah sebagai
berikut. (1) Media Pop-Up memperoleh hasil 86% dari segi validitas media dan
memperoleh hasil 93% dari segi materi yang berarti media Pop-Up termasuk
dalam kategori “sangat Baik”. (2) Media Pop-Up dinyatakan sangat efektif untuk
digunakan dalam materi struktur bumi dengan perolehan nilai post tes siswa
menggunakan media Pop-Up mendapatkan nilai rata-rata 87,7. Meningkat jika
dibandingkan nilai ulangan harian siswa (nilai leger guru) yang memperoleh niai
rata-rata 80,6. Selain itu siswa yang tuntas secara klaksikal mencapai 100%.

Keywords


Media Pembelajran, Pop-Up, Mendeskripsikan Struktur Bumi

Full Text: PDF
LPPM Server - Powered by BSI