Conference Nusantara PGRI Kediri University, Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Ke-2

Font Size: 
PENERAPAN KEGIATAN FINGER PRINT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA DASAR PADA ANAK USIA 3–4 TAHUN
Roisatul Iqlima, Widi Wulansari

Last modified: 2018-09-29

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan
mengenal warna dasar pada anak usia 3–4 tahun melalui kegiatan finger print.
Permasalahan yang mendasari dalam penelitian ini ialah belum tercapainya
ketuntasan mengenal warna dasar yang dikarenakan kurang menariknya
kegiatan yang dilakukan dalam pembelajaran di kelas. Jenis penelitian yang
digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan
Mc Taggart sebanyak tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah anak usia 3-4
tahun di Play Group As-Sakinah. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah unjuk kerja dengan kriteria ketuntasan minimal 75%. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pada tindakan siklus I persentase ketuntasan baru
mencapai 43,48% sehingga dilanjutkan siklus II. Hasil pada siklus II
menunjukkan ketuntasan anak masih mencapai 61,11%, sehingga harus
dilanjutkan siklus III. Persentase ketuntasan di siklus III sudah mencapai 82,6%
sehingga penelitian dapat dihentikan dikarenakan ketuntasan anak sudah
melebihi kriteria minimal. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui
kegiatan finger print mampu meningkatan kemampuan mengenal warna dasar
pada anak usia 3-4 tahun di Play Group As-Sakinah.

Keywords


kegiatan finger print, kemampuan mengenal warna dasar, anak usia 3 – 4 tahun

Full Text: PDF
LPPM Server - Powered by BSI