Conference Nusantara PGRI Kediri University, Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Ke-2

Font Size: 
KEEFEKTIFAN TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING UNTUK MENINGKATKAN KETERBUKAAN DIRI SISWA SMA
Roro Margiati, Restu Dwi Ariyanto

Last modified: 2018-09-29

Abstract


Kenyataan dalam pendidikan sekarang ini terjadi banyak masalah
yang dihadapi pada saat proses pembelajaran. Salah satu masalah
yang terdapat dalam proses pembelajaran adalah kurangnya
keterbukaan diri siswa dalam memberikan informasi tentang dirinya
kepada orang lain. Perkembangan siswa dikatakan berhasil apabila
siswa mampu berinteraksi yang baik dengan orang lain. Interaksi
akan berjalan dengan baik apabila masing-masing siswa mampu
berkomunikasi secara efektif sehingga dari komunikasi tersebut
akan terbentuk hubungan antar pribadi yang baik. Hubungan antar
pribadi tersebut akan mudah terbentuk apabila masing-masing
siswa mampu mengungkapkan diri/membuka diri. Berkaitan dengan
upaya untuk meningkatkan keterbukaan diri siswa, guru BK dapat
menggunakan cognitive restructuring. Teknik ini merupakan proses
belajar untuk menolak distorsi kognitif (berfikir secara berlebihan/
tidak rasional), yang akan membantu konseli mengatasi masalah-
masalah yang terkait dengan kognitifnya dengan mengganti pikiran
dan interpretasi negatif dengan pikiran dan interpretasi positif.
Sehingga dengan adanya hal tersebut maka generasi emas
Indonesia akan terwujud.

Keywords


keterbukaan diri, cognitive restructuring

Full Text: PDF
LPPM Server - Powered by BSI