Conference Nusantara PGRI Kediri University, Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Ke-2

Font Size: 
ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MENULIS PADA WACANA NARASI PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR DI KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Selfia Dwi Puspitasari, Alfi Laila

Last modified: 2018-09-29

Abstract


Penelitian ini bertujuan : (1) Mengetahui kemampuan literasi menulis wacana narasi
peserta didik kelas V sekolah dasar di Kota Kediri, (2) Mengetahui faktor yang
mempengaruhi kemampuan menulis wacana narasi peserta didik kelas V sekolah dasar di
Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus dengan
langkah-langkah meliputi, (1) prapenelitian (2) penelitian, dan (3) pascapenelitian. Penelitian
ini menggunakan subjek penelitian siswa kelas V sekolah dasar dengan objek penelitian
yaitu SDN Burengan 1, SDI Al-Huda dan SDN Lirboyo 4 dan teknik pengumpulan data yang
digunakan yaitu tes dan angket. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Kemampuan literasi
menulis peserta didik kelas V di Kota Kediri di bawah KKM (<75) dengan perolehan nilai
rata-rata 56,53. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan literasi menulis peserta
didik kelas V di Kota Kediri tergolong rendah, (2) Prosentase minat menulis peserta didik
kelas V di Kota Kediri di bawah standar 50% dengan perolehan prosentase 45,2%. Sehingga
dapat disimpulkan bahwa minat menulis peserta didik kelas V sekolah dasar di Kota Kediri
rendah. Hal tersebut membuktikan bahwa minat menulis rendah akan berpengaruh pada
rendahnya kemampuan menulis pula. Berdasarkan uraian tersebut maka faktor yang
mempengaruhi kemampuan menulis peserta didik kelas V sekolah dasar di Kota Kediri
adalah minat dan pemahaman siswa.

Keywords


kemampuan literasi, menulis, wacana narasi

Full Text: PDF
LPPM Server - Powered by BSI